Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci


Bagaimana sih sebetulnya cara memperbaiki pengering mesin cuci otomatis merk Sharp, Polytron, Sanyo, Sanken, Panasonicm Samsung baik itu 1 atau 2 tabung yang tidak berputar itu ? Kita tahu bahwa semua jenis mesin cuci, baik itu yang satu tabung maupun nyang dua tabung, baik itu jenis mesin cuci bukaan depan dan bukaan atas, maka tentu dilengkapi dengan fitur pengering.

Prinsip kerja pengering pada mesin cuci ini menggunakan putaran motor. Jika motor lemah, tentu saja pengering mesin cuci menjadi tidak berfungsi alias dan tidak bisa digunakan lagi. Karena itu kita harus memperbaikinya agar dapat berfungsi kembali secara normal.

Masalah lain yang biasanya terjadi pada pengering mesin cuci adalah macet, berdengung, dan berputar lambat. Nah, di sini Saya mau berbagi beberapa ulasan lengkap tentang cara memperbaiki pengering mesin cuci otomatis yang tidak berputar. Apa saja kemungkinan penyebab dan bagaimana solusinya ?

Periksa Kabel dan Tegangan
Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mesin cuci pengering rusak dan tidak berputar adalah memeriksa tegangan. Anda dapat menggunakan multimeter untuk memeriksa apakah voltase pada mesin cuci normal atau tidak.

Jika tidak ada tegangan yang diterima oleh mesin cuci, kemungkinan ada kabel yang putus. Biasanya penyebab kabel putus adalah karena digigit oleh tikus. Karena itu, Anda harus telusuri dan menemukan bagian mana terjadi kabel putus. Solsuinya Anda harus sambungkan kembali kabel tersebut lalu jangan lupa dilindungi dengan isolasi.

Jangan lupa, sebelum memeriksa perkabelan ini, steker atau kabel kontak ke PLN dalam keadaan tidak tersambung untuk menghindari tubuh Anda tersengat listrik. Alih-alih Anda mau memperbaiki mesin cuci, eh malah tubuh Anda harus dibawa ke rulamh sakit jiwa. Repot deh.


Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Otomatis


Tali Pengering Rusak
Masalah kedua yang menyebabkan pengering mesin cuci tidak berputar adalah karena tali rem putus. Karena itu, silakan periksa tali rem mesin cuci dengan menarik kawat secara bergantian. Jika kabel terlepas, itu berarti Anda harus menggantinya dengan kawat baru.

Tetapi jika Anda dapat menarik kawat bolak-balik dan motor dapat berputar dengan lancar, itu berarti tali remnya hanya macet dan tidak perlu diganti. Perbaiki letak masalahnya dengan memngindahkan hal yang membuat macet.

Kapasitor Rusak
Alasan ketiga mengapa pengering mesin cuci tidak bisa berputar adalah karena kapasitor rusak. Biasanya jika kapasitor mesin cuci sudah rusak maka putran pengering menjadi macet atau ada suara berdengung atau berputar perlahan.

Jika ini terjadi pada mesin cuci Anda, harap mengganti dengan kapasitor baru. Pastikan Anda mengganti kapasitor dengan nilai yang sama dengan kapasitor sebelumnya. Cara amannya, lepaskan kapasitor yang rusak, lalu bawa ke toko sparepart elektronik dan tunjukkan bahwa kita mau beli komponen seperti itu.

Motor Terbakar
Jika Anda telah melakukan semua langkah di atas, namun pengering mesin cuci masih tidak mau berputar. Kemungkinan besar kerusakan terjadi pada motor. Biasanya kalau segala jurus sudah dilakukan, tapi pengering angger tak mau muter, yang terjadi adalah mesin cuci motor terbakar akibat hal-hal tertentu seperti tegangan tidak stabil atau ada komponen di dalamnya yang rusak.

Jika motor rusak, maka Anda harus menggantinya dengan motor baru atau memperbaikinya ke tempat di mana orang dapat memperbaiki motor listrik seperti tukang gulung dinamo. Nah, demikinlah info singkat tentang cara memperbaiki pengering mesin cuci otomatis yang tidak mau mutar untuk semua merek.



Back To Top