Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung


Ada beberapa masalah yangbanyak kita temui pada mesin cuci yang membuat kita bingung. Salah satu masalahnya adalah pengering mesin cuci tidak berputar hanya berdengung saja yang terdengar. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ?

Jangan pergi dulu ke tukang service mesin cuci kalau jebetulan Anda suka ngoprek, senan masalah ini cukup mudah diatasi. Pengering mesin cuci yang tidak dapat berputar ini umumnya dapat disebabkan oleh kapasitor yang rusak. 

Karakteristik ketika pengering diaktifkan, maka hanya ada suara dengung yang muncul dan mesin tidak mau berputar. Satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah mengganti kapasitor yang rusak dengan kapasitor baru.

Caranya, buka kapasitor yang rusak, lalu bawa ke toko spare part untuk membeli jenis kapasitor yang sama, Setelah itu, silahkan pasang kembali sesuai dengan warna kabel yang sesuai.

Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung

Sebagai tambahan saja, berikut ini Saya lengkapi beberapa macam kerusakan lainnya yang terjadi pada pengering mesin cuci.

Putusnya koneksi kabel
Salah satu masalah yang sering menyebabkan kerusakan pada pengering mesin cuci adalah kabel putus karena dimakan oleh tikus. Solusinya adalah menemukan kabel yang rusak dan kemudian hubungkan sesuai dengan warnanya. 

Setelah itu, lakukan perawatan rutin, jika perlu pasang perangkat anti tikus di mesin cuci untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Tali rem pengering rusak
Tidak hanya kabel yang rusak yang dapat menyebabkan pengering mesin cuci rusak. Tali rem yang rusak pada pengering juga dapat membuat pengering tidak berputar. Solusinya adalah dengan hanya menarik kabel rem sehingga terbuka, lalu coba memutarnya dengan tangan. Jika bisa berputar dengan lancar atau tidak menyeret, maka masalahnya teratasi.

Timmer pengering rusak
Kerusakan pada timer pengering juga dapat menyebabkan mesin cuci tidak berputar. Biasanya masalah ini disebabkan karena pegas di mesin cuci sudah usang. Selain itu, masalah kerusakan pada alat timer pengering juga bisa disebabkan oleh semut. Solusinya adalah menggantinya dengan yang baru.

Dinamo pengering mesin cuci terbakar
Seperti kita ketahui bahwa rotator di mesin cuci adalah motor atau dinamo. Dinamo yang rusak atau terbakar tentu saja dapat membuat pengering tidak berfungsi. 

Solusinya adalah dengan membongkar mesin cuci dan mengganti dinamo atau membawanya ke tukang servis dinamo. 

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar masalah pengering mesin cuci tidak bisa berputar. Baca juga artikel menarik lainnya seputar :
- mesin cuci kadang berputar kadang tidak
- penyebab mesin cuci lambat berputar
- mesin cuci berdengung saat mengisi air
- mesin cuci tidak bisa berputar bolak balik
- pengering mesin cuci macet
- pengering mesin cuci berputar pelan
- kapasitor mesin cuci

Sumber :



Back To Top