Cara Membuka Pengering Mesin Cuci


Yang dimaksud dengan cara membuka pengering mesin cuci ini bukanlah membuka penutup pengering mesin cuci yang berada di bagian atas yang ada pintu tutup buka untuk menyimpan pakaian yang sudah dicuci.

Namun yang dimaksud adalah bagaimana membuka atau membongkar bagian pengering mesin cuci akibat tidak beropearsi atau tidak berputar atau malah berdengung. Nah, kali ini Saya akan berbagai problem dan juga solusinya pada pengering mesin cuci yang bermasalah.

Cara Membuka Pengering Mesin Cuci

Pengering mesin cuci tidak berputar
Dalam beberapa kasus, terputusnya arus listrik biasanya yang menjadi penyebab utama pengering tidak berputar. Terputusny arus listrik ini bisa jadi akibat kabel terputus. Penyebab kabel terputus sangat bervariasi, bisa jadi karena usia kabel yang sudah tua dan sudah sangat rapuh atau bisa juga karena kabel digigit oleh tikus sampai menjadi terputus, atau karena penyebab lainnya.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba memperbaiki pengering mesin cuci yang tidak mau berputar, maka dalam pembahasan berikut ini Saya akan memberikan langkah-langkah yang mudah dipahami dan dipraktekkan.

Yang pertama adalah membuka penutup atau panel pada mesin cuci bagian atas. Mungkin banyak dari Anda bertanya di mana kap mesin itu? Letaknya bagian atas yang ada tombol-tombol timer.

Untuk bisa melepas tudung atau panel mesin di mesin cuci, Anda harus melepas sekrup yang menempel. Pada mesin cuci merek Sharp biasanya ada 4 sekrup, sedangkan mesin pencuci merek Sanken biasanya memiliki 3 sekrup yang dipasang di bagian belakang.

Setelah sekrup dan baut dilepaskan, simpan dengan baik agar lebih mudah saat memasangnya kembali. Setelah semua sekrup dilepaskan, sekarang saatnya bagi Anda untuk melepas tutup panel. Bagi mereka yang pertama kali melakukan proses ini, mungkin terasa sedikit sulit karena kap terasa keras ketika Anda ingin melepaskannya. Cobalah membukanya dengan perlaha tetapi tetap pakai tenaga.

Kap mesin cuci terasa keras ketika Anda ingin melepasnya karena di sisinya ada klem. Untuk memudahkan Anda melepas kap mesin cuci, Anda dapat menggunakan bantuan obeng untuk membongkar sisinya. Lakukan dengan perlahan.

Setelah kap mesin cuci dibuka, cobalah untuk memeriksa bagian dalam dengan hati-hati. Periksa dengan teliti apakah ada kabel yang terputus? Bagian yang perlu diberi perhatian biasanya adalah kabel di sekitar pengatur waktu pengering dan kemudian ditelusuri sampai ke tombol pengaman. Apakah ada kabel yang putus?

Biasanya, untuk kasus mesin cuci tabung pengering yang tidak mau berputar pada mesin cuci 2 tabung, ada kabel yang terputus dan lokasinya tepat di area lubang kabel yang mengarah ke kap mesin. Nah, penyebab kabel yang rusak biasanya bukan karena umur kabel sudah tua, tetapi karena kabel itu digigit oleh tikus.

Jika Anda menemukan kabel yang tidak tersambung, Anda dapat menghubungkannya kembali menggunakan isolasi. Jika ada lebih dari 1 kabel terputus, Anda dapat menghubungkannya sesuai dengan warnanya. Bagi yang merasa ragu-ragu, Anda bisa melihat skema sirkuit elektronik yang biasanya ada di belakang mesin cuci.

Ingat, karena nanti kabel akan dialiri arus listrik, jadi pastikan Anda menghubungkannya dengan hati-hati. Pastikan semua serat tersambung dengan rapi dan dibungkus dengan isolasi listrik yang baik sehingga kabel tidak panas ketika dilewatkan secara elektrik.

Semua kabel sudah terhubung, sekarang saatnya bagi Anda untuk menguji apakah mesin cuci pengering telah berputar atau tidak. Jika tidak, dan Anda sudah merasa putus asa dengan mesin cuci yang tidak dapat diperbaiki, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mengganti mesin cuci lama Anda dengan mesin cuci yang baru.

Pengering mesin cuci ada suara glodak
Problemnya, ketika memulai proses pengeringan, ada suara glodak-glodak karena perputaran tidak stabil sehingga tabung pengering bertabrakan dengan dinding atau badan mesin cuci sehingga menghasilkan suara glodak.

Langkah pertama adalah melihat apakah tabung pengering posisinya miring? Jika demikian, periksa bagian bawah tabung pengering, barangkali ada cucian yang masuk ke dalam sehingga tabung pengering miring.

Jika langkah pertama telah dilakukan dan ternyata tak ada masalah, kita maju ke langkah berikutnya, yaitu membuka bagian belakang mesin cuci dan kita periksa seal penyangga asa tabung dari karet yang bentuknya seperti mangkuk dan tengahnya ada semacam laher. Jika ada bagian karet yang robek atau ada lahernya yang aus, maka harus diganti dengan yang baru.

Jika seal penyangga tabung normal dan tidak menyebabkannya miring, kita lanjutkan dengan memeriksa kaki motor penggerak tabung pengering di bagian paling bawah. Untuk menopang motor pengering, jika ada salah satu/lebih dari 3 kaki itu rusak atau patah maka harus ganti dengan yang baru, karena jika ada salah satu penopang yang tidak seimbang, maka bisa menyebabkan kemiringan.

Jika ketiga langkah di atas telah dilakukan, maka langkah terakhir yang akan kita lakukan adalah melepas tabung pengering dengan membuka bagian atas mesin cuci. Untuk melepas tabung, kita harsu kendurkan baut pengikat antara tabung dan pengering motor di bagian bawah atau as. Setelah melepasnya, kita periksa apakah as-nya bengkok atau tidak? Jika bengkok karena ada korosi di dasar poros, maka kita menggantinya dengan as yang lurus. Hasilnya tabung tidak miring dan glodak glodak tidak ada lagi, dan tabung pengeringnya menjadi stabil.

Demikianlah cara membuka, melepas dan memperbaiki tabung dari motor pengering mesin cuci 2 tabung merk Sanyo, Sharp, Polytron dan merk lainnya jika ada masalah seperti berdengung, berputar pelan dan gejala lainnya.



Back To Top