Mesin Cuci Kadang Berputar Kadang Tidak


Apakah Anda pernah mengalami kendala dimana mesin cuci kadang berputar kadang tidak berputar ? Kalau, iya, Saya akan kasih beberapa penyebab dan juga solusi mengapa hal itu terjadi. Anda tidak perlu panik dahulu dan minta bantuan tukang sevice, tapi cek dulu sendiri, siapa tahu hanya masalah kecil. Jadi lanjut bacanya ya.

Mesin tidak berputar, cuman dengung
Jika Anda punya masalah dengan mesin cuci yang tidak mau berputar dan hanya terdengar dengungnya saja, maka kemungkinan besar ada beberapa penyebab mengapa hal itu terjadi. Bisa jadi karena kapasitor rusak, lilitannya yang rusak, controller atau timer yang mengalami kerusakan.

Nah, sebelum dibawa ke tukang servis mesin cuci, kalau Anda ada sedikit suka-suka bongkar alat elektronik walaupun nggak bisa pasang kembali, coba deh dianalisa dahulu pakai otak, apa kira-kira penyebabnya.

Dalam hal ini, karena gejalanya si mesin nggak bergerak dan terdengar suara dengung, maka ini menandakan kalau aliran listrik dah masuk tapi tak bisa menggerakan mesin. Kemungkinan pertama dan termudah kita servis sendiri adalah adanya kerusakan kapasitor.

Sama halnya dengan blower atau pompa air, mesin cuci juga memakai kapasitor yang fungsinya untuk menyimpan arus, yang mana arus tadi digunakan untuk menstart atau mentrigger tegangan ke mesin supaya mesin bisa berputar.

Ciri kalau kapasitor rusak adalah apabila si mesin cuci kita tadi yang dengung diputar manual oleh tangan sedikit saja, lalu kemudian berputar sendiri, maka dipastikan bahwa memang kapasitorlah biang kerok segalanya. Solusinya, buka kapasitor yang ada, ambil sebagai contoh dan bawa ke toko komponen listrik lalu beli yang baru.

Usahakan membeli kapasitor harus sesuai nilainya dengan yang aslinya agar kerjanya juga pas. Jika tidak ada, berbeda sedikit nilai faradnya, Saya kira nggak apa-apa lah, sebab kapasitor ini kerjanya hanya di awal start saja, sebab begitu mesin cuci sudah muter, dia tidak kerja lagi, hanya sebagai kopling saja.

Mesin cuci berputar, tapi pulsator tidak ikut berputar
Nah, kalau Anda pernah mengalami kejadian si pencuci tidak berputar padahal mesin di bawah tabung pencuci berputar, maka hal ini menunjukan ada indikasi kerusakan di bagian pulsator. Ada beberapa penyebab, mengapa hal ini terjadi.

Penyebab itu bisa saja karena tali v-belt penghubung motor pencuci ke gearbox dalam keadaan longgar atau lepas dari gearbox. Hal ini akibat v-belt sudah kaku dan patah-patah. Penyebab lainnya adalah gigi pada bagian dalam gearbox atau as pulsator sudah aus atau rontok. Penyebab terakhir adalah pulsator rusak.

Tentu saja jika Anda merasa tidak mampu memperbaiknya, lebih baik segera hubungi saja tukang servis mesin cuci panggilan. Jangan paksakan Anda bongka resndiri kalau tidak ada dasar ilmu mekanik. Kalau maksa, bisa-bisa mesin cuci Anda malah makin amburadul.

Namun jika Anda mau coba-coba, ya silahkan saja. Insya Allah nanti Saya akan tulis artikel tutorialnya nanti di judul yang berbeda. Kalau nggak sabar, silahkan cari sendiri di Youtube atau di blog-blog khusus montir mesin cuci.

Masalah dengan mesin cuci tidak bisa berputar dapat terjadi karena berbagai hal. Penyebab dan teknik memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar atau rotasinya lemah adalah :

Karet v-belt sudah usang dan longgar
Salah satu penyebab mesin cuci tidak bisa berputar atau berputarnya lemah adalah disebabkan oleh sudah tuanya karet v-belt atau sudah longgar. Anda dapat memeriksa karet vanbelt langsung pada mesin, jika longgar kemudian lakukan reset ulang dengan menggeser dinamo.

Tetapi jika vanbelt terlalu longgar, cobalah untuk menggantinya dengan yang baru. Anda dapat membeli vanbelt ini dengan harga yang cukup terjangkau. Tetapi Anda harus ingat, Anda tidak dapat mengatur vanbelt terlalu ketat sebab jika terlalu ketat dapat merusak gearbox.

Pengatur waktu sudah rusak
Penyebab lain dari mesin cuci tidak dapat berputar adalah pengatur waktu atau pengaturan sistem pada mesin cuci Anda sudah rusak. Biasanya saat pencuci waktu mesin rusak, tandanya mesin cuci tidak berputar atau hanya berputar ke satu arah.

Kerusakan pada pengatur waktu ini dapat disebabkan oleh putusnya kabel. Karena itu, jika mesin cuci tidak berputar atau hanya berputar ke satu arah, periksa saklar pemilih pada mesin, untuk mengetahui apakah ada kabel yang rusak atau tidak.

Macetnya as
Mesin cuci yang tidak bisa berputar juga bisa disebabkan oleh gandar yang macet. As dapat dikatakan juga sebagai salah satu komponen terpenting dalam mesin cuci Anda. Biasanya, mesin cuci yang tidak berputar disebabkan oleh kerusakan pada dinamo. Kerusakan ringan yang sering dialami mesin dinamo kotor atau tersumbat.

Jika masalah ini terjadi, maka Anda harus segera membersihkan dinamo. Tetapi jika debu telah dibersihkan tetapi masih tidak berputar, mungkin ada kapasitor yang rusak dan perlu dihubungkan, seperti yang telash Saya tulis di atas.

Gearbox Rusak
Gearbox memiliki semacam roda gigi untuk terhubung ke tabung mesin cuci. Jika gigi rusak atau aus, tentu saja mesin cuci tidak cukup kuat untuk berputar. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat menghasilkan mesin pengering mesin cuci yang lambat.

Tegangan Daya Rendah
Tegangan rendah juga bisa menyebabkan mesin cuci berputar perlahan. Ini karena daya yang diperlukan untuk menggerakkan motor dynamo kurang. Jadi dinamo mesin cuci cepat panas. Selain itu, ini juga salah satu penyebab rotasi mesin cuci pengering yang lemah.

Mesin Cuci Kadang Berputar Kadang Tidak

Dynamo Motor Lemah
Mesin cuci yang lemah dapat disebabkan dari dinamo motor itu sendiri yang lemah. Biasanya gejala dimulai dengan dinamo mesin cuci berdengung keras, tetapi tidak kuat untuk berputar. Ini juga dapat terjadi di bagian pengering, sehingga mesin cuci pengering dinamo tidak berputar.

Selain faktor-faktor di atas, kelemahan mesin cuci dapat disebabkan oleh penyesuaian kecepatan pada Modul PCB. Namun, ini jarang terjadi, dan ini hanya terjadi pada satu mesin cuci tabung yang menggunakan modul. Jika Anda ragu untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghubungi penyedia layanan mesin cuci yang ahli.

Mesin cuci tidak bisa berputar dapat disebabkan oleh berbagai hal. Anda perlu mengenali penyebab dan teknik perbaikan. Jadi, jika ada masalah sederhana dalam mesin cuci Anda masih bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu mengundang teknisi mesin cuci.

Itulah beberapa penyebab dan solusi pada mesin cuci 1 atau 2 tabung yang kadang berputar dan kadang tidak kuat berputar (mesin cuci kadang hidup kadang mati) atau lambat berputar atau tidak bisa berputar bolak balik atau tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo.

Semoga apa yang Saya tulis ini bisa Anda pahami walaupun sebenarnya tulisannya agak amburadul, ngalor ngidul.

Baca juga :
- penyebab mesin cuci lambat perputar
- cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung tidak berputar
- mesin cuci 1 tabung tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo
- dinamo mesin cuci tidak berputar
- mesin cuci berputar sebentar
- cara memperbaiki mesin cuci sharp
- ciri ciri timer mesin cuci rusak
- mesin cuci 1 tabung tidak berputar



Back To Top