Ukuran Mesin Cuci 2 Tabung


Seperti menentukan ukuran penanak nasi untuk keluarga, menentukan ukuran mesin cuci juga tergantung pada jumlah anggota keluarga di rumah dan seberapa sering perangkat ini dibutuhkan. Mengetahui ukuran mesin cuci 2 tabung, dimaksudkan apakah memang keluarga perlu menggunakan mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung.

Ukuran mesin cuci yang sebanding dengan ukuran keluarga Anda akan memastikan pergantian pakaian yang kotor. Dengan demikian, anggota keluarga Anda tidak kehabisan pakaian bersih dan Anda tidak perlu mencuci setiap hari atau bahkan beberapa kali sehari.

Jika ada banyak anggota keluarga, maka Anda perlu memakai mesin cuci besar, terutama jika setiap anggota keluarga suka berganti pakaian dalam satu hari.

Mesin cuci dua tabung mudah dikenali dari bentuk bagian depan yang persegi panjang melebar ke samping karena kedua tabung itu bersebelahan. Satu tabung berfungsi untuk mencuci dan membilas cucian, sedangkan tabung lainnya berfungsi untuk memeras cucian sampai siap untuk dikeringkan. Kapasitas mesin cuci dua tabung sangat bervariasi tetapi dimensinya hampir seragam.

Berikut ini kisaran ukuran mesin cuci 2 tabung :
- Panjang: 75 – 90 cm
- Lebar: 45 – 53 cm
- Tinggi: 85 – 102 cm
- Kapasitas tabung: 6 – 15 kg

Dengan demikian, otomatis ukuran mesin cuci 2 tabung lebih besar dari yang 1 tabung dengan kapasitas yang bervariasi pula.

Setelah mengetahui informasi umum tentang ukuran dan kapasitas mesin cuci, saatnya menentukan ukuran dan kapasitas mesin cuci untuk Anda dan keluarga Anda. Pedoman untuk memilih ukuran mesin cuci dan kapasitas mesin cuci seringkali didasarkan pada jumlah penghuni rumah atau total pakaian yang Anda gunakan selama 1 minggu..
5 kg: 25 kemeja katun atau kaos (2 penghuni)
6 kg: 30 kaos atau kemeja katun (2 penghuni)
7 kg: 35 kemeja katun atau kaos (2-3 penghuni)
8 kg: 40 T-shirt atau kemeja katun (3-4 penghuni)
9 kg: 45 kaos atau kemeja katun (4-5 penghuni)
10 kg: 50 T-shirt atau kemeja katun (lebih dari 5 penghuni rumah)

Sebagai perbandingan, 30 kaos juga setara dengan 2 sprei ukuran king dan empat sarung bantal. Anda harus mencuci pakaian sesuai dengan kapasitas mesin cuci. Pakaian yang melebihi kapasitas dapat membuat kinerja mesin cuci berkurang. Sebaliknya, jika kapasitas terlalu sedikit juga merupakan pemborosan energi.
Ukuran Mesin Cuci 2 Tabung

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan cucian ekstra seperti selimut, seprai, gorden, jaket tebal, celana jeans, dll yang pasti akan sangat berat. Jika Anda ingin lebih pasti, gunakan tips berikut:

  • Timbang berat pakaian kotor Anda sebelum membeli mesin cuci yang diinginkan. Rata-rata, 1 binatu rumah tangga untuk 4 orang adalah sekitar 3-4 kg / hari.
  • Tentukan frekuensi mencuci yang diinginkan, misalnya 1x, 2x atau 3x seminggu. Kapasitas besar mesin cuci tentu akan membantu menghemat air dan listrik, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki stok pakaian bersih yang cukup.
  • Pertimbangkan ukuran dan berat selimut dan gorden di rumah serta frekuensi mencuci. Jika memang Anda ingin sering merawat dan membersihkan rumah, Anda otomatis membutuhkan kapasitas mesin cuci yang lebih memadai.
  • Pertimbangkan kemungkinan peningkatan jumlah anggota keluarga yang ada, misalnya anak-anak atau anggota lain yang akan menetap. Karena mesin cuci adalah pembelian jangka panjang, Anda harus memikirkan kemungkinan penghuni yang mungkin ada di sana nanti.

Periksa semua opsi mesin cuci sebelum membeli. Jangan terpancing dengan harga yang lebih rendah karena belum tentu ketika Anda menggunakannya akan sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

Untuk faktor ukuran, pemilihan mesin cuci harus diprioritaskan sesuai dengan kondisi ruangan. Ukur lokasi penempatan mesin cuci yang tersedia dan usahakan tidak mengganggu jalannya aktivitas di dalam ruangan.

Demikianlah sedikit informasi tentang ukuran mesin cuci 2 tabung paling kecil dan paling besar untuk segala merk seperti Sharp, Aqua dan lainnya.

Sumber :
https://www.rinso.com/id/mencuci/tips-mencuci/petunjuk-mesin-cuci/panduan-ukuran-mesin-cuci-kapasitas-besar-atau-kecil.html
https://www.arjunaelektronik.com/panduan/panduan-membeli-mesin-cuci-2/menentukan-ukuran-kapasitas-mesin-cuci/
https://bacaterus.com/macam-macam-ukuran-mesin-cuci/



Back To Top