Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci


Sebenarnya tentang cara pasang kapasitor mesin cuci ini sudah Saya ulas sedikit dalam artikel berjudul cara menyambung kabel dinamo mesin cuci ke kapasitor, tapi tak ada salahnya Kami kembali ulas lebih jelas di sini.

Seperti telah Kami jelaskan di artikel sebelumnya bahwa kapasitor pada dinamo terletak di dalam dekat dinamo mesin cuci. Pada mesin cuci dengan dua tabung ini terdiri dari dua dinamo yang digunakan untuk mencuci dan mengeringkan, sehingga membutuhkan dua buah kapasitor.

Sedangkan mesin cuci otomatis yang hanya menggunakan satu unit dinamo hanya membutuhkan satu kapasitor untuk membantu kerja dinamo mesin tersebut.

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Kapasitor pada mesin cuci memiliki kegunaan untuk membantu kumparan dinamo pada saat mesin pertama kali dihidupkan. Saat pertama kali kita menjalankan dinamo mesin cuci, baik dinamo cuci maupun dinamo pengering, maka kumparan dinamo mesin membutuhkan energi sesaat yang cukup besar untuk dapat menggerakkan poros kumparan.

Kebutuhan energi tambahan untuk kumparan dipenuhi oleh kapasitor yang terhubung ke kumparan. Sehingga poros dinamo yang berhubungan dengan pulsar atau wadah pengering bisa berputar.

Kemampuan kapasitor untuk memberikan tegangan tambahan pada kumparan diperoleh dari karakteristik kapasitor yang memiliki kemampuan untuk menyimpan energi listrik yang dialirkan kepadanya.

Mesin cuci dua tabung membutuhkan dua kapasitor dengan nilai yang berbeda sesuai dengan penggunaan dinamo. Kapasitor untuk dinamo pencuci mempunyai nilai kapasitansi 10μF hingga 15μF dan kapasitor untuk dinamo pengeringan punya kapasitansi sekitar 2- 4μF.

Dua kapasitor untuk dinamo mesin cuci biasanya dibungkus dalam satu kemasan yang memiliki 4 kabel. Namun kita bisa mengganti menggunakan kapasitor biasa yang memiliki 2 kabel asalkan nilai kapasitansinya sesuai.

Ciri Kapasitor Mesin Cuci Lemah Atau Rusak

Akibat seringnya penggunaan mesin cuci dan dalam waktu yang lama, tidak jarang menyebabkan kerusakan kapasitor pada mesin cuci. Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada kapasitor, dapat dikenali karakteristiknya sebagai berikut:

  • Terdengar dengungan tetapi dinamo tidak berputar
  • Rotasi dinamo lemah
  • Dinamo mesin cuci tidak berputar

Sebelum memastikan bahwa mesin cuci rusak karena kapasitor mati, terlebih dahulu kita harus memastikan bahwa poros kumparan dinamo tidak macet. Caranya adalah dengan memutar pulsar pencuci atau wadah mesin pengering. Pastikan pulsa mesin cuci dan wadah pengering tidak macet dan bisa berputar dengan lancar.

Jika kita menduga terjadi kerusakan pada mesin cuci akibat kapasitor mati, kita dapat menggantinya dengan kapasitor baru yang memiliki nilai kapasitansi yang sama. Perhatikan bahwa kapasitor untuk dinamo pencucian adalah sekitar 10μF / 450V. Sedangkan kapasitor untuk dinamo pengering sekitar 3μF / 450 V.

Adapun kode warna kabel dinamo mesin cuci, kapasitor dinamo pencuci umumnya punya kabel dengan warna kabel merah dan biru, sedangkan dinamo pengering umumnya punya kabel dengan warna kabel merah strip putih dan biru strip putih.

Agar lebih akurat, cara cek kapasitor mesin cuci 4 kabel atau 2 kabel, sebaiknya dengan menggunakan multitester atau pengukur kapasitansi. Sehingga kita bisa mengetahui nilai kapasitansi kapasitor mesin cuci secara nyata.

Jika kerusakan hanya terjadi pada salah satu kapasitor saja, kita dapat menggantinya menggunakan kapasitor tunggal yang memiliki 2 kabel dengan kapasitansi yang sesuai. Tidak perlu mengganti dengan kapasitor ganda yang memiliki 4 kabel. Misal jika kapasitor pencuci rusak dengan nilai 12μF, maka kita dapat menggantinya dengan kapasitor dua kawat tunggal dengan nilai 12μF / 450V.

Perlu diperhatikan bahwa kapasitor mesin cuci memiliki tegangan kerja yang tinggi. Jadi saat mengganti kapasitor baru kita harus menggantinya dengan kapasitor yang mempunyai tegangan kerja tinggi sekitar 450Volt.

Langkah-langkah pemasangan kapasitor mesin cuci adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan penutup belakang mesin cuci.
  • Terllihatlah bahwa kapasitor mesin cuci berbentuk tabung silinder dengan 4 kabel.
  • Jika kita ingin mengganti semua kapasitor, lepaskan kabel kapasitor dan ambil.
  • Jika hanya satu kapasitor yang diganti, maka kabel yang dilepas hanya milik kapasitor yang diganti.
  • Pasang kapasitor baru dengan kapasitansi dan tegangan kerja yang sesuai.
  • Pemasangan kabel kapasitor dapat bolak-balik tanpa masalah.
  • Rapikan dan isolasi sambungan kabel kapasitor lalu tutup kembali
  • Demikian informasi cara pasang kapasitor dinamo mesin cuci, semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.teknikelektronika.xyz/2020/10/fungsi-kapasitor-mesin-cuci.html




Back To Top