Pengering Mesin Cuci Macet


Pengering mesin cuci macet adalah musuh bagi pengguna mesin cuci, apalagi saat ini mesin cuci sudah menjadi barang elektronik yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama ibu rumah tangga.

Jika mesin cuci Anda memiliki gejala seperti ini, maka bacalah beberapa alasan mengapa mesin cuci macet dan cara memperbaikinya.

Mesin cuci macet tidak berputar dan hanya terdengar dengung
Jika pengering mesin cuci macet dan hanya terdengar dengung, coba bersihkan as roda dan bosnya lalu lumasi, sebab bisa jadi sudah berkarat. Kemungkinan lain adalah kapasitor yang rusak atau bisa berupa kabel daya yang putus atau kumparan dinamo mengalami short.

Coba periksa koneksi semua kabel dengan tester termasuk kabel yang terhubung ke jangkar yang terletak di bagian bawah belakang. Kerusakan timer juga dapat menyebabkan dinamo tidak berputar sama sekali. Periksa timer atau kabel yang terhubung ke timer.

Pengering Mesin Cuci Macet



Spin macet tidak berputar dan dinamo tidak memiliki respons sama sekali
Coba periksa sensor sakelar pada penutup panel pengering yang mungkin tidak terhubung. Gangguan ini juga bisa disebabkan oleh timer yang rusak atau kabel yang putus.

Tali rem pengering rusak
Jika tali rem rusak, coba tarik kawat seling rem supaya terbuka terus coba putar pakai tangan, kalau seling rem berputar dengan baik, tidak macet, berarti tidak ada msalah dan bisa dipakai lagi.

Dinamo terbakar
Yang parah dari penyebab mesin pengering tak berfungsi yaitu dinamonya terbakar. Solusinya adalah membawa ke service dinamo atau beli dinamo yang baru.

Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi solusi buat Anda yang punya masalah pengering mesin cuci yang macet atau berdengung atau berputar pelan.

Sumber :
https://www.sharp-indonesia.com/ind/article/detail/327/mesin-cuci-macet-ini-penyebab-cara-mengatasinya
https://id.priceprice.com/forum/mesincuci-pengering/29176/



Postingan populer dari blog ini

Arah Putaran Dinamo Pengering Mesin Cuci

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci