Arah Putaran Dinamo Pengering Mesin Cuci 2 Tabung


Arah putaran dinamo pengering mesin cuci tentu berbeda dengan arah putaran dinamo mesin pencuci. Ketika kenop pengatur waktu pengering dihidupkan atau diputar ke kanan atau searah jarum jam untuk menyesuaikan waktu pengeringan, maka arus listrik akan mengalir ke dinamo motor pengering.

Sesaat setelah itu, maka dinamo motor pengering akan berputar, biasanya ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam. Karena tabung pengeringan terhubung langsung ke pully dan ke dinamo motor pengeringan, maka tabung pengeringan pun akan segera berputar perlahan kemudian berputar tambah cepat hingga mencapai rotasi maksimum.

Dari gerakan satu arah yang sangat cepat itulah, maka pakaian atau kain yang basah akan ikut berputar dan seolah-olah pakaian itu sedang diperas. Selain itu, rotasi yang sangat cepat juga akan menghasilkan udara yang juga membantu menghilangkan air pada pakaian atau kain basah.


Arah Putaran Dinamo Pengering Mesin Cuci


Dinamo motor pengering diberikan sensor pintu yang berguna untuk memutus arus listrik secara otomatis ketika pintu dibuka disaat tabung pengeringan berputar. Hal ini bertujuan untuk menghindari bahaya karena tabung pengering berputar sangat cepat.

Begitu pun pully, dilengkapi dengan rem yang berguna untuk menghentikan rotasi tabung pengeringan jika pintu dibuka.

Berbeda dengan dinamo pengering, dinamo mesin pencuci menpunyai 2 arah putar yakni ke kiri dan ke kanan. Cara kerja berbalik arah ini dikendalikan oleh saklar pembalik arah yang sekaligus juga sebagai timer. Saklar ini merubah arah arus yang berimbas pada fluks magnet pada kumparan. Perbedaan kutub magnet inilah yang membuat dinamo berbeda arah dalam putarannya.

Demikianlah sedikit info tentang arah putaran dinamo pengering mesin cuci yang benar, baik yang 2 tabung maupun yang 1 tabung. Selanjutnya nantikan pula artikel tentang dinamo pengering mesin cuci panas atau berputar pelan atau macet dan bagaimana cara mengganti atau melepas tabung atau motor pengering mesin cuci 2 tabung.

Sumber :
https://mesincuci-jogja.com/tabung-pengering-mesin-cuci-2-tabung-fungsi-dan-cara-kerja/



Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci

Pengering Mesin Cuci Macet