Pengering Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Berputar


Salah satu masalah dalam mesin cuci adalah pengering mesin cuci 1 tabung tidak berputar sehingga tak bisa mengeringkan pakaian. Kalau demikian yang terjadi, jangan panik dahulu, sebab segala masalah pasti ada solusinya.

Nah untuk itu, sebelum praktek mengatasi kerusakan ini, maka sebaiknya kita mesti tahu dulu apa penyebab dari pengering tak bisa berputar. Berikut ini beberapa penyebabnya yang Saya rangkum dari blog Belajar Elektronik.

Drain Motor Rusak
Alasan pertama mengapa mesin cuci 1 tabung tidak dapat berputar adalah karena drain motor yang rusak. Seperti yang kita ketahui bahwa di mesin cuci ada beberapa motor. Drain motor adalah motor yang berfungsi dalam proses mengeluarkan air sebelum pakaian dikeringkan. Jika motor ini rusak, tentu saja proses putaran atau pengeringan tidak dapat dilakukan.

Cara mengatasinya cukup mudah. Anda perlu memeriksa bagian motor drain. Periksa kabel, barangkali ada yang putus digigit tikus. Jika ada, silakan hubungkan kembali. Jika kabel normal, kemungkinan kerusakan terjadi pada motor itu sendiri. Maka Anda harus menggantinya dengan motor drain baru.

Dinamo Kapasitor Rusak
Mesin cuci tidak dapat berputar juga dapat disebabkan oleh kapasitor dinamo yang rusak. Motor di mesin cuci tidak akan bisa berputar jika kapasitor rusak. Kita dapat mengetahui apakah kapasitor rusak atau tidak dengan membongkar mesin cuci dan melihat kapasitornya.

Kapasitor yang rusak biasanya dapat diidentifikasi dengan fitur fisik seperti terbakar, menggelembung, atau bocor. Atau jika Anda ingin lebih akurat, Anda bisa memeriksanya menggunakan multimeter. Jika terbukti bahwa kapasitor dinamo rusak, maka Anda harus menggantinya dengan kapasitor baru agar mesin cuci dapat berputar.

Rem yang rusak
Pada jenis mesin cuci 1 top loading tube, ada bagian yang berfungsi sebagai rem. Rem sangat fungsional ketika mesin cuci berputar dengan baik ketika melakukan proses cuci, bilas, atau pengeringan. Jika rem rusak, maka pasti mesin cuci tidak bisa berputar untuk mengeringkan pakaian.

Cara termudah untuk mengatasi masalah mesin cuci tidak bisa berputar karena rem rusak dengan menggantinya dengan rem baru. Dijamin setelah melakukan penggantian, mesin cuci 1 tabung akan berjalan normal dan dapat melakukan proses spin atau pengeringan dengan benar.

Pengering Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Berputar


Kerusakan pada board
Masalah lain yang juga dapat menyebabkan mesin cuci tidak berputar adalah karena board mesin cuci rusak. Banyak pengguna mesin cuci 1 tabung mengeluh karena selama proses pengeringan, mesin tiba-tiba mati dan memulai proses pencucian dari awal. Ini dapat terjadi karena bagian modul rusak.

Untuk memperbaikinya Anda harus membongkar mesin cuci dan memeriksa setiap komponen elektronik pada papan mesin cuci. Anda dapat memeriksa menggunakan multimeter. Jika Anda menemukan komponen mana yang rusak, Anda harus menggantinya.

Sakelar pintu rusak
Untuk masalah saklar pintu, kode tertentu akan muncul di layar, seperti kode DE, yang berarti "Door Error". Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus memeriksa kondisi sakelar, apakah sakelar pintu pada mesin cuci masih berfungsi.

Cara biasa adalah dengan memotong kabel yang mengarah ke soket sakelar. Kalau tidak, Anda dapat mengganti sakelar pintu dengan yang baru. Selain itu, untuk beberapa merek seperti LG, sakelar pintu menggunakan magnet.

Demikian solusi bagi mereka yang punya problem pengering mesin cuci 1 tabung yang tidak berputar. Selanjutnya nantikan artikel tentang :
- rem mesin cuci 1 tabung
- mesin cuci polytron 1 tabung tidak bisa spin
- mesin cuci lg 1 tabung tidak bisa spin
- cara memperbaiki pengering mesin cuci otomatis
- mesin cuci sharp 1 tabung tidak bisa spin
- mesin cuci tidak bisa rinse dan spin
- mesin cuci samsung tdk mau spin 
- mesin cuci 1 tabung tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo
- kerusakan mesin cuci 1 tabung
- pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung
- cara memperbaiki pengering mesin cuci polytron tidak berputar
- cara memperbaiki mesin cuci sharp 1 tabung
- cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung



Back To Top