Gearbox Mesin Cuci


Gearbox mesin cuci ini macam-macam jenis dan bentuknya, namun fungsinya sama saja. Mereka yang sedang mencari spare part yang satu ini, bisa mencarinya di berbagai pasar online seperti di Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya dengan harga yang cukup bervariasi.

Untuk mengetahui cara kerja gearbox mesin cuci 1 tabung, kalau di sepeda motor itu adalah gear rantai yang fungsinya untuk memutarkan roda belakang supaya bisa berjalan. Kalau di mesin cuci fungsinya untuk memutarkan bagian pulstator.

Harga gearbox mesin cuci Akari 2 tabung 

Untuk harga gearbox mesin cuci Akari 2 tabung yang dijual di Bukalapak berada di kisaran Rp 51.000.

Harga gearbox mesin cuci merk Sanken 

Gear box mesin cuci Sanken as gerigi 10 (4 cm) pully standard
Spesifikasi :
- tinggi gear box 17,8 cm (diukur dari ujung as sampai ujung pully)
- as gear box gerigi 10 panjang 4 cm.
- diameter leher gear box 2,9 cm.
- tinggi leher gear box 2,6 cm.
- diameter body gear box 12,7 cm.
- body gear box lubang 4 baut.
- jarak antar lubang baut 7,8 x 7,8 x 7,8 x 7,8 cm (diukur dari titik tengah lubang baut).
- diameter pully gear box (tempat v-belt terpasang) 14,8 cm.
- tinggi pully gear box 7,9 cm.
- bisa dipakai untuk pengganti gear box mesin cuci merek apa saja jika bentuk gear box sama.
- harga : Rp. 32.500

Gear box as mesin cuci Sanken 101A 40
Spesifikasi :
- as kotak 9 mm x 9 mm.
- panjang as 35 mm.
- panjang as oval-bawah 26 mm.
- diameter tengah body as 128 mm.
- tinggi leher body as 30 mm.
- diameter tengah leher as 29 mm.
- jarak antar lubang baut di body as 77 mm x 77 mm x 77 mm x77 mm.
- harga : Rp. 50.000

Gearbox Mesin Cuci

Bongkar gearbox mesin cuci 1 tabung 

Jika Anda mau mengganti gearbox mesin cuci, maka harus mempersiapkan alat yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan untuk membongkar gear box adalah :
- Obeng plus dan minus
- Kunci shock ukuran 8
- Tang

Pertama, bawa mesin cuci ke tempat yang agak luas untuk membukanya supaya kita leluasa melakukan pembongkaran. Lalu buka bodi yang menutupi bagian belakang dengan  menggunakan obeng plus.

Jika sudah terlepas maka akan nambak gearboknya. Sekarang tinggal melepas v-belt yang terpasang di gearboknya. Jika bodi belakang dan v-belt yang terpasang di gearbox sudah dilepas, biarkan saja dulu.

Lanjut untuk melepaskan bagian pulstatornya saja dulu yang berada pada bagian dalam tabung mesin cuci. Caranya ialah dengan menggunakan obeng minus yang berukuran kecil yang fungsinya untuk mencungkil penutup baud pulstator.

Jika sudah terlepas bagian penutup baud pulstatornya, lanjut melepas baud utama pulstator yang terpasang pada gearbox dengan menggunakan obeng plus yang berukuran besar supaya kuat, karena ini adalah baut bagian utama yang mengencangkan bagian pulstator dan bearbox mesin cucinya.

Jika penutup baud pulstatornya sudah berhasil tercungkil, lanjut lepaskan baud utama yang terpasang pada pulstator dan gearboxnya, menggunakan obeng plus. Pada saat melepaskan baud, usahakan dilakukan secara hati-hati karena dikhawatirkan jika tidak hati-hati akan merusak drat baudnya dan susah untuk melepaskan, karena berada di bagian dalam pulstatornya.

Jika baud sudah terlepas, tarik pulstator dari bagian tabung pencuci pakaian. Simpan di tempat yang aman. Bagian pulstator sudah terlepas, lalu kembali ke bagian bawah, yaitu bagian gearbox. Sekarang kita tinggal melepaskan bagian gearboxnya menggunakan kunci shock ukuran 8 atau bisa juga obeng plus yang berukuran panjang. Di bagian ini ada empat baud yang mesti di lepas oleh kita.

Cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung 

Proses selanjutnya ialah siapkan gearbox kondisi baru yang sudah dibeli oleh Anda. Untuk proses pemasangan, lakukan hal yang sama seperti tadi yang Anda lakukan saat membuka bagiannya satu-persatu. Jangan lupa untuk teliti saat memasang, jangan sampai ada baud atau bagian yang lupa terpasang.

Itulah informasi seputar gearbox mesin cuci yang sepertinya masih belum lengkap, sebab masih belum bisa menjelaskan harga gearbox mesin cuci Polytron PWM 7056, harga gearbox mesin cuci Daimitsu dan juga gearbox mesin cuci Polytron dua tabung 



Back To Top