Mesin Cuci untuk Usaha Laundry


Bagi pengusaha laundry, memilih mesin cuci untuk usaha laundry yang menguntungkan merupakan sebuah keharusan. Dengan demikian, dia harus berusaha keras menemukan mesin cuci yang berperforma bagus yang menunjang usahanya.

Lalu mesin cuci apa yang bagus dan tahan lama untuk bisnis binatu? Dari pengamatan, sebagian besar mesin cuci menggunakan mesin cuci model bukaan depan. Alasannya adalah karena lebih efektif dan efisien dan menghemat lebih banyak ruang karena penempatannya dapat ditumpuk.

Harga mesin cuci laundry dengan bukaan depan ini cukup bervariasi, tergantung pada merek dan kapasitas. Anda dapat memilih mesin cuci terbaik dari berbagai merek terkenal, seperti Sharp, LG, Electrolux atau Modena yang memiliki banyak model dengan desain menarik.

Atau Anda juga dapat membeli mesin cuci Samsung yang sangat menonjol dalam kekuatan teknologi dan fitur. Namun, harga mesin cuci front loading masih cukup tinggi. Tetapi tidak perlu khawatir, karena kita bisa memilih sesuai dengan kemampuan namun masih cocok untuk bisnis laundry.

Nah, jika Anda mencari mesin cuci untuk laundry tipe mesin cuci front loading, berikut kami sajikan pilihannya menurut Pricebook.

Sharp ES-FL1082
Mesin Cuci Sharp ES-FL1082 memiliki desain modern dan elegan. Tidak hanya tampilannya, tetapi juga sudah dilengkapi fitur child lock sehingga aman dari gangguan anak-anak. Dimensi mesin cuci berkualitas ini adalah 597 x 845 x 527 mm yang tidak menyita ruang bisnis binatu Anda.

Mesin cuci ini juga menawarkan keandalan mencuci dengan Sistem Logika Eco dan juga Sistem Cuci Cepat, yang dapat digunakan ketika Anda membutuhkan waktu mencuci dalam waktu singkat. Hemat lebih banyak waktu agar pesanan binatu Anda cepat selesai.

Kapasitasnya besar muat hingga 8 kg sehingga memungkinkan Anda untuk mencuci dalam jumlah banyak. Untuk konsumsi listrik terbilang rendah, hanya sebesar 250 watt.

Sharp ES-FL1082

Modena ED-650 Caldo
Modena ED-650 Caldo machine adalah mesin cuci front loading dengan dimensi 595 x 560 x 845mm dan beratnya sekitar 36kg. Mesin cuci ini dapat menampung hingga 6,5 ​​kg pakaian, dan membutuhkan daya 2100 W untuk bekerja secara optimal.

Waktu yang dibutuhkan mesin cuci ini untuk mengeringkan pakaian adalah sekitar 140 menit. Tabung pencuci cucian ini terbuat dari stainless steel yang tahan karat. Anda dapat mengubah mode mencuci sesuai dengan jenis bahan pakaian Anda.

Mode jeans/handuk, katun normal, katun ekstra, termasuk mesin cuci untuk laundry bed cover, semua tersedia di mesin cuci ini, bersama dengan durasi mencuci yang Anda butuhkan.

Modena ED-650 Caldo


LG F8008NMCW
Mesin cuci LG F8008NMCW juga memiliki desain modern dan elegan yang dapat memikat mata. Produk ini dirancang untuk membersihkan cucian agar lebih bersih dan selesai lebih cepat. Seri mesin cuci LG F8008NMCW memiliki kapasitas hingga 8 kg dan didukung dengan teknologi 6 Motion oleh Inverter Direct Drive Motor.

Penggunaan teknologi terbaik berdampak pada hasil binatu yang lebih sempurna. Ini akan mempengaruhi kepuasan pelanggan bisnis binatu Anda. Selain itu, teknologi ini juga memastikan kondisi mesin tetap optimal meski digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Fitur lain yang juga menjadi andalan produk ini adalah teknologi Auto Restart Power dan Waved Lifter.

LG F8008NMCW

Electrolux EWF10843
Mesin cuci Electrolux EWF85743 hadir dengan desain modern dan teknologi canggih di dalamnya. Memiliki kapasitas 7,5 kg yang cukup besar untuk menampung pakaian kotor pelanggan Anda. Proses pencucian juga diklaim selesai lebih cepat dalam satu proses.

Untuk teknologi, mesin cuci ini memiliki fitur Steam Action yang dapat membantu mengurangi alergen pada pakaian hingga 99,9% dan membantu menjaga pakaian tetap cerah dan bersih. Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan fitur Shower Spray yang merupakan semprotan langsung air dan deterjen untuk membantu membersihkan noda secara menyeluruh.

Semua itu bisa dilakukan dengan mengatur mesin cuci pada LED Display yang tersedia.

Electrolux EWF10843

Electrolux EWF10843
Mesin cuci Electrolux EWF10843 dilengkapi dengan model kontrol IQ Touch dan dukungan Tampilan Waktu LED juga tersedia untuk kemudahan penggunaan. Untuk teknologi pencucian yang digunakan dalam mesin cuci Electrolux EWF10843 adalah fitur Pintu XXL yang menawarkan kemudahan untuk masuk dan mengambil cucian.

Ada juga teknologi pembersihan Tindakan Uap yang akan membuat binatu jauh lebih bersih dan lebih aman karena bebas dari zat residu yang dapat menyebabkan alergi. Penggunaan motor yang lebih baik pada mesin ini juga membuatnya memiliki daya tahan yang lebih baik dan tahan lama.

Electrolux EWF10843

Samsung WW85H5290EW
Mesin cuci Samsung WW85H5290EW memiliki kapasitas 8.5kg dan sudah menggunakan drum berlian. Penggunaan drum berlian memiliki kemampuan untuk mencuci lebih baik dari drum konvensional sehingga dapat membersihkan pakaian dengan serat kain.

Kemudian teknologi Buble Soak akan merendam cucian dengan busa berlimpah yang kemudian menghilangkan noda lebih cepat. Teknologi Eco Buble mampu menghasilkan busa mikro yang berlimpah, busa ini mampu menyerap serat serat 40x lebih cepat yang membuat noda keras kepala hilang dengan mudah.

Samsung WW85H5290EW dapat mencuci pakaian dengan segala jenis bahan, termasuk pakaian bayi dan anak-anak. Dengan menggunakan busa mikro pakaian akan membersihkan serat kain tanpa merusak kualitas pakaian apalagi meregangkannya. Mencuci dengan santai tanpa khawatir pakaian Anda rusak oleh mesin.

Samsung WW85H5290EW

Samsung WW85K5410WW
Mesin cuci Samsung WW85K5410 sangat cocok untuk bisnis cucian Anda berkat penggunaan bahan-bahan pilihan yang sangat diperhitungkan untuk daya tahan produk. Fitur yang disediakan pada Samsung WW85K5410 juga tidak tanggung-tanggung dengan penambahan teknologi saat ini dengan sentuhan modern pada sistem.

Panel kontrol sistem menggunakan panel LCD yang sangat memudahkan proses pencucian Anda, terdiri dari pengaturan pengatur waktu dan beberapa mode pencucian yang dapat disesuaikan sesuai keinginan. Semakin canggih teknologi yang berkembang sekarang, mendeteksi masalah dan mendapatkan solusi terbaik tentang mesin cuci bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Anda dapat mendeteksi masalah yang mungkin terjadi dengan mesin cuci ini dengan menginstal aplikasi pada smartphone. Dengan begitu Anda dapat mengurangi kebutuhan teknisi untuk mencari tahu apa yang salah dengan mesin cuci.

Samsung WW85K5410WW

Panasonic NA-128VK5
Panasonic NA-128VK5 adalah produk mesin cuci modern dengan bukaan depan, yang dapat memudahkan pekerjaan rumah tangga dalam hal mencuci pakaian. Mesin cuci ini dirancang dengan teknologi canggih dan rotasi stabil, dan menjaga kualitas pakaian saat dicuci, sehingga pakaian akan bersih tanpa membuatnya melar atau pudar.

Mesin cuci Panasonic NA-128VK5 cukup murah untuk mesin cuci dengan bukaan depan, dilengkapi dengan opsi cucian tambahan untuk kegiatan mencuci yang lebih mudah dan lebih praktis, sangat cocok juga untuk bisnis cucian yang menjamur.

Panasonic NA-128VK5


Di pasar online Indonesia terkadang juga tersedia paketan mesin cuci laundry. Misalnya di Shopee ada yang jual paket usaha mesin cuci laundry dengan hrga 16 jutaan dengan fasilitas bebas biaya pemasangan dan ada training bisnis laundry.

Tentu saja dilengkapi dengan berbagai peralatan yang medukung seperti mesin cucinya itu sendiri, mesin pengering laundry beserta perlengkapannya, setrika uap dan perlengkapannya, bahan-bahan kimia seperti deterjen, pemutih, parfum serta peralatan pendukung lainya seperti timbangan, keranjang, hanger, plastik packing dan lainnya.


Lalu mengapa umumnya laundry menggunkan mesin cuci front loading ? Ada beberapa alasan mengapa mesin cuci ini dipakai buat bisnis binatu.  Menurut Dekoruma, ada beberapa perbedaan mesin cuci laundry dengan mesin cuci biasa yang menjadi alasannya yakni :

Memiliki kapasitas yang lebih besar
Mesin cuci biasa, umumnya dipakai untuk keluarga sehingga tabungnya berkapasitas standar, yaitu 6 hingga 12 kg. Sementara itu, mesin cuci laundry memiliki kapasitas 15 hingga 100 kg dalam satu kali pencucian.

Kapasitas besar ini memungkinkan pemilik bisnis binatu bisa mencuci beberapa pakaian pelanggan dalam sekali jalan. Selain menghemat waktu, hasil mesin cuci laundry juga lebih maksimal dibanding mesin cuci biasa yang masih meninggalkan busa saat diisi dengan pakaian.

Didesain dengan mesin khusus
Mesin cuci laundry dirancang menggunakan mesin khusus sehingga mereka dapat mencuci dalam jumlah besar sekaligus. Mesin tidak akan mudah panas walaupun digunakan berkali-kali, mengingat jumlah cucian akan menumpuk dan tidak akan selesai hanya dalam dua kali kerja.

Tidak seperti mesin cuci biasa yang hanya bisa digunakan maksimal tiga kali sehari, mesin cuci laundry juga sangat efisien dalam hal waktu dan biaya perawatan mesin. Menggunakan mesin cuci biasa hanya akan memperlambat proses pencucian karena mesin membutuhkan jeda sebelum mencuci gelombang pencucian berikutnya dan usia pakainya dapat diberkurang dengan cepat dalam hitungan tahun.

Bahan mesin cuci laundry berbeda dengan mesin cuci biasa
Untuk mendukung kegiatan mencuci dalam jangka panjang dan dengan banyak intensitasnya, mesin cuci laundry dibuat menggunakan bahan stainless steel secara keseluruhan. Bahan stainless steel sendiri dikenal sebagai bahan anti karat meski terus menerus terkena air.

Daya tahannya juga sangat kuat sehingga tidak mudah penyok atau patah. Lain halnya dengan mesin cuci biasa yang eksteriornya dibuat menggunakan bahan plastik. Bahan plastik ini akan mudah pecah jika terkena benturan dan terlihat kusam setelah bertahun-tahun digunakan.

Cara pengoperasian sudah otomatis
Operator hanya perlu menghidupkan mesin tanpa basah-basahan. Program pencucian disesuaikan dengan ketersediaan fitur yang dipasang di mesin sehingga dapat cocok dengan jenis pakaian yang akan dicuci.

Lalu apakah pengusaha laundry cukup hanya mengandalkan mesin cuci frobt loading saja ? Tentu tidak. Msalahnya, pakaian yang masuk ke dapur kita pasti berbeda-beda kondisi kekotorannya, bahannya dan lain sebagainya. 

Menurut Saya, untuk bisnis jasa binatu, semua jenis mesin cuci harus dimiliki, karena pakaian yang akan dicuci di layanan binatu sangat bervariasi. Terkadang pakaian yang masih berbau harum sudah dicuci. Sebaliknya, pakaian yang sangat kotor yang membutuhkan energi ekstra juga harus dicuci tanpa pandang bulu.

Jenis pakaian ini tentu membutuhkan mesin yang tepat. Rasanya kalau pakaian yang penuh noda olie karena selalu digunakan di bengkel, agak sulit jika hanya dicuci di mesin cuci front loading tanpa menggunakan cairan khusus. 

Jadi solusinya dapat dikombinasikan dengan mesin cuci tabung ganda yang dapat dikontrol setiap saat bahkan ketika mesin beroperasi. Ketersediaan mesin dengan berbagai varian, tentu akan memudahkan proses pencucian sehingga produksinya lebih besar dan lebih fleksibel. 

Namun, dalam praktiknya tentu saja para pengusaha sendiri mengetahui kebutuhan mesin, sesuai dengan karakteristik pelanggan mereka. Setidaknya saran di atas hanya sebagai pelengkap saja bagi para pengusaha mesin cuci untuk laundry pemula.

Demikian info seputar merk mesin cuci laundry yang bagus serta beberapa tips bagaimana cara memilih mesin cuci untuk bisnis laundry. Untuk artikel tentang harga mesin cuci laundry 15/20 kg langsung kering bisa dibaca pada postingan selanjutnya. 



Back To Top