Penyebab Mesin Cuci Berdengung dan Tidak Berputar


Pada kesempatan ini Saya akan menjelaskan informasi mengenai motor mesin cuci berdengung tidak berputar.  Mesin cuci,  bisa dikatakan sudah menjadi alat elektronik yang begitu diperlukan di zaman modern seperti saat. Padatnya aktivitas dan kesibukan sehari-hari barangkali adalah alasan utama kenapa orang-orang membutuhkan mesin cuci.

Hampir di tiap rumah dengan gampang bisa kita jumpai mesin cuci yang bervariasi jenisnya. Mesin cuci dapat menolong memperingan pekerjaan buat mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran jumbo yang pastinya membutuhkan tenaga ekstra kalau cuma dicuci memakai tangan biasa.

Adanya mesin cuci menjadikan kita tidak repot lagi mencuci dengan cara manual, pastinya bakal menghemat waktu serta tenaga juga. Mesin cuci bisa dibagi menjadi 2 macam berdasarkan tipenya, yaitu mesin cuci 1 tabung serta mesin cuci 2 tabung. Seperti namanya, mesin cuci 1 tabung adalah mesin cuci yang bagian buat mencuci dan pengeringan menjadi 1 serta yang bekerja bersamaan.

Sementara untuk mesin cuci 2 tabung, antara pembilas dan Spin Tube terpisah, memiliki kegunaannya masing-masing. Mesin cuci 2 tabung terkadang disebut juga mesin cuci semi otomatis. seluruh mesin cuci membutuhkan penggerak sehingga ada mesin yang bekerja dengan cara berputar. mesin penggerak buat Washing Tube dinamai Washing motor, sementara pada Spin Tube dikenal dengan istilah Spin mesin.

Cara Kerja motor Penggerak Mesin Cuci

Pada Washing mesin dan motor pengering ada sebuah lilitan, terbagi menjadi lilitan utama dan lilitan bantu. Jumlah dan diameter lilitan ini tak berbeda, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara voltase serta arus tidak terjadi.

motor pembilas didesain buat berputar ke kanan serta kiri, sehingga bebannya tak berbeda antara 2 lilitan yang dipakai. motor cuma bakal menyala bila terdapat pergeseran sudut fasa yang menimbulkan medan putar.

Problem Pada Mesin Cuci

Meski canggih, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang dapat kapan saja rusak. Masalah dapat muncul di seluruh spare part mesin cuci. Masalah umum yang kerap ditemui adalah Washing motor atau Spin mesin yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja. Kalau masalah] itu muncul, maka bisa dipastikan kalau mesin tidak bisa bekerja normal lagi.

Masalah yang banyak terjadi diantaranya seperti salah satu kabel putus akibat dimakan tikus, tali rem putus, timer rusak sebab kemasukan serangga. Satu yang lumayan serius ialah problem motor yang tidak mau berputar dan mengeluarkan bunyi dengung. Bunyi dengung yang diikuti bau terbakar ialah tanda bahwa Kapasitor lagi telah rusak.

Apa yang dimaksud kapasitor? Kapasito ialah spare part elektronik yang berfungsi menyimpan serta melepas muatan listrik. Kapasitor terdiri dari 2 plat konduktor atau lempengan logam yang tersusun sejajar serta dibikin dari logam dan isolator yang dipasang di antara plat buat memisah muatan listrik.

Kapasitor bekerja dengan elektron yang terdapat di dalamnya. Jika elektron penuh, maka bakal terjadi perubahan voltase karena elektron mengalir ke bagian lain yang memerlukan. Satuan Kapasitor disimbolkan dengan tanda F (Farad). Farad merupakan satuan yang besar serta biasanya pada alat elektronik, satuannya dikecilkan menjadi Mikro Farad (µF).

Guna utama kapasitor adalah penyimpan serta pelepas arus dan voltase listrik, menjadi konduktor untuk mengalirkan arus AC, menjadi isolator yang memutus hubungan arus DC, alat yang dipakai buat menggeser fasa serta pembangkit frekuensi dan filter dalam rangkaian power supply.

Mesin Cuci Mendengung Tidak Mau Berputar

Ketidakmampuan kapasitor buat berkerja menyalurkan arus listrik adalah faktor utama mengapa motor di mesin cuci tidak mau berputar. Kapasitor mesin cuci 1 tabung, berbeda dengan yang 2 tabung. Kapasitor pada mesin cuci 2 tabung umumnya terdiri dari 4 kabel berbeda. Satu bagian difungsikan buat menggerakkan mesin Spin, nilainya 4µF-6µF. sementara pada mesin pembilas nilainya antara 8µF-10µF dengan tegangan 400 Vac.

Kapasitor biasanya berbentuk ganda,  artinya 1 kapasitor berisi dua bagian. Satunya kapasitor untuk mesin pengering nilainya antara 4µF sampai 6µF dan satunya lagi untuk mesin pembilas nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan tegangan kerja 400Vac.

Kapasitor yang sudah lama masa pemakaiannya dapat berkurang nilai fungsinya serta bila sudah usang, mau tidak mau perlu diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga terjangkau kira-kira sekitar 20-25 rb.

Bagaimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor letaknya ada di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Terdapat yang berbentuk kubus, ada juga yang berbentuk tabung. Buat mengganti kapasitor memang butuh membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Langkah-langkah memperbaiki kapasitor mesin cuci adalah, perhatikan ukuran mikro kapasitor saat membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai tak berbeda, buka sekrup di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, jika tidak ada yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, pakai pisau untuk mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat ada 4 kabel (2 merah dan 2 biru), kabel merah serta biru dengan strip putih digunakan untuk spin motor, kabel merah dan putih polos digunakan buat Washing motor dan jika sudah terpasang, mesin cuci akan kembali bisa berputar lagi.

Sumber : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top