Cara Memperbaiki Mesin Cuci Berdengung


Pada kesempatan ini Saya akan membahas artikel tentang mesin cuci berdengung tidak berputar.  Mesin cuci,  dapat dikatakan telah menjadi alat elektronik yang sangat diperlukan di zaman modern kayak sekarang ini. Padatnya aktivitas serta kesibukan sehari-hari mungkin ialah penyebab utama mengapa orang-orang membutuhkan mesin cuci.

Hampir di tiap rumah dengan mudah dapat kita jumpai mesin cuci yang bervariasi jenisnya. Mesin cuci bisa membantu memperingan pekerjaan buat mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran besar yang tentunya memerlukan tenaga ekstra kalau cuma dicuci memakai manual biasa.

Keberadaan mesin cuci membuat kita tidak repot lagi mencuci dengan cara manual, pastinya bakal menghemat waktu serta tenaga juga. Mesin cuci bisa diklasifikasikan menjadi 2 macam berdasarkan tipenya, yakni mesin cuci 1 tabung serta mesin cuci 2 tabung. Sesuai namanya, mesin cuci 1 tabung ialah mesin cuci yang bagian untuk mencuci dan pengeringan menjadi 1 serta yang bekerja bersamaan.

Sementara buat mesin cuci 2 tabung, antara Washing Tube serta pengering terpisah, memiliki fungsinya masing-masing. Mesin cuci 2 tabung kadang dikenal pula mesin cuci semi otomatis. seluruh mesin cuci membutuhkan penggerak sehingga terdapat motor yang bekerja dengan cara berputar. mesin penggerak buat Washing Tube dinamai Washing mesin, sementara pada Spin Tube disebut dengan istilah Spin motor.

Cara Kerja motor Penggerak Mesin Cuci

Pada Washing mesin serta motor pengering ada sebuah kumparan, terbagi menjadi kumparan utama dan lilitan bantu. Jumlah serta diameter kumparan ini tak berbeda, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara voltase serta arus tidak terjadi.

Washing mesin didesain buat berputar ke kanan dan kiri, sehingga bebannya sama antara 2 kumparan yang dipakai. motor cuma akan menyala bila ada pergeseran sudut fasa yang menyebabkan medan putar.

Masalah Pada Mesin Cuci

Walau canggih, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang bisa kapan saja bermasalah. Problem bisa muncul di semua komponen mesin cuci. Masalah umum yang kerap dijumpai adalah Washing motor atau motor pengering yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja. Kalau masalah] itu muncul, maka bisa dipastikan kalau mesin tidak bisa bekerja normal lagi.

Masalah yang banyak terjadi diantaranya seperti salah satu kabel putus akibat dimakan tikus, tali rem putus, timer rusak karena kemasukan serangga. Satu yang cukup serius ialah masalah motor yang tidak mau berputar serta mengeluarkan bunyi dengung. Bunyi dengung yang diikuti bau terbakar ialah indikasi bahwa Kapasitor lagi sudah rusak.

Apa itu kapasitor? Kondensator merupakan spare part elektronik yang berfungsi menyimpan serta melepas muatan listrik. Kapasitor terdiri dari 2 plat penghantar listrik atau lempengan logam yang tersusun sejajar serta dibikin dari logam serta isolator yang dipasang di antara plat untuk memisah muatan listrik.

Kapasitor bekerja dengan elektron yang terdapat di dalamnya. Bila elektron penuh, maka bakal terjadi perubahan tegangan karena elektron mengalir ke bagian lain yang memerlukan. Satuan Kapasitor disimbolkan dengan tanda F (Farad). Farad ialah satuan yang besar serta umumnya pada alat elektronik, satuannya dikecilkan menjadi Mikro Farad (µF).

Guna utama kapasitor adalah penyimpan serta pelepas arus serta tegangan listrik, menjadi konduktor untuk mengalirkan arus bolak-balik, menjadi isolator yang memutus hubungan arus searah, alat yang dipakai untuk menggeser fasa dan pembangkit frekuensi dan filter dalam rangkaian power supply.

Motor Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar

Ketidakmampuan kapasitor buat berkerja menyalurkan arus listrik adalah faktor utama mengapa mesin di mesin cuci tidak mau berputar. Kapasitor mesin cuci 1 tabung, berbeda dengan yang 2 tabung. Kapasitor pada mesin cuci 2 tabung umumnya terdiri dari 2 pasang kabel. Satu bagian difungsikan buat menggerakkan motor Spin, nilainya 4µF-6µF. sementara pada mesin pembilas nilainya antara 8µF-10µF dengan voltase 400 Vac.

Kapasitor biasanya berbentuk ganda,  artinya 1 kapasitor berisi dua bagian. Satunya kapasitor untuk mesin pengering nilainya antara 4µF sampai 6µF serta satunya lagi untuk mesin pembilas nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan voltase kerja 400Vac.

Kapasitor yang telah lama masa penggunaannya bisa berkurang nilai fungsinya dan bila sudah usang, mau tidak mau mesti diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga terjangkau kira-kira sekitar 20-25 rb.

Bagaimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor posisinya terdapat di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Terdapat yang berbentuk kubus, terdapat juga yang berbentuk tabung. Buat mengganti kapasitor memang perlu membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Tahapan mengganti kapasitor mesin cuci adalah, perhatikan ukuran mikro kapasitor ketika membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai tak berbeda, buka sekrup di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, jika tidak ada yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, gunakan pisau buat mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat ada 4 kabel (2 merah dan 2 biru), kabel merah dan biru dengan strip putih dipakai buat spin motor, kabel merah dan putih polos dipakai untuk mesin pembilas dan jika telah terpasang, mesin cuci akan kembali dapat berputar lagi.

Referensi : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top