Mesin Cuci Berdengung Tapi Tidak Berputar


Di saat ini Saya bakal membahas informasi tentang mesin cuci tidak berputar hanya berdengung.  Mesin cuci,  bisa dikatakan sudah menjadi alat elektronik yang begitu diperlukan di era modern seperti saat. Kepadatan kegiatan serta kesibukan sehari-hari mungkin adalah penyebab utama mengapa orang-orang memerlukan mesin cuci.

Hampir di tiap rumah dengan gampang bisa kita jumpai mesin cuci yang bervariasi tipenya. Mesin cuci dapat menolong meringankan pekerjaan untuk mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran jumbo yang tentunya membutuhkan tenaga ekstra bila hanya dicuci memakai tangan biasa.

Hadirnya mesin cuci menjadikan kita tidak repot lagi mencuci dengan cara manual, pastinya bakal menghemat waktu serta tenaga pula. Mesin cuci dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis menurut tipenya, yaitu mesin cuci 1 tabung serta mesin cuci 2 tabung. Seperti namanya, mesin cuci 1 tabung ialah mesin cuci yang bagian buat mencuci serta pengeringan menjadi 1 serta yang bekerja bersamaan.

Sementara buat mesin cuci 2 tabung, antara Washing Tube dan pengering terpisah, memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Mesin cuci 2 tabung kadang dikenal juga mesin cuci semi otomatis. seluruh mesin cuci membutuhkan penggerak sehingga ada mesin yang bekerja dengan cara berputar. mesin penggerak untuk pembilas dinamai Washing mesin, lagikan pada Spin Tube disebut dengan istilah Spin motor.

Cara Kerja mesin Penggerak Mesin Cuci

Pada motor pembilas dan mesin pengering ada sebuah lilitan, terbagi menjadi kumparan utama serta lilitan bantu. Jumlah dan diameter kumparan ini sama, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara tegangan serta arus tidak terjadi.

mesin pembilas dirancang buat berputar ke kanan serta kiri, sehingga bebannya tak berbeda antara 2 lilitan yang digunakan. mesin hanya akan menyala kalau terdapat pergeseran sudut fasa yang menyebabkan medan putar.

Problem Pada Mesin Cuci

Meski canggih, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang bisa kapan saja rusak. Masalah bisa timbul di seluruh komponen mesin cuci. Masalah umum yang sering ditemui adalah mesin pembilas atau mesin pengering yang tidak mau berputar dan cuma berdengung saja. Jika problem nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan voltase kerja 400Vac.

Kapasitor yang telah lama masa pemakaiannya dapat berkurang nilai fungsinya dan bila sudah usang, mau nggak mau perlu diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga terjangkau kira-kira sekitar 20-25 rb.

Gimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor posisinya ada di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Terdapat yang berbentuk kubus, ada pula yang berbentuk tabung. Untuk mengganti kapasitor memang butuh membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Langkah-langkah mengganti kapasitor mesin cuci adalah, perhatikan ukuran mikro kapasitor ketika membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai tak berbeda, buka sekrup di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, bila tidak ada yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, gunakan pisau buat mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat ada 4 kabel (2 merah serta 2 biru), kabel merah serta biru dengan strip putih digunakan untuk spin motor, kabel merah serta putih polos digunakan buat mesin pembilas serta bila telah terpasang, mesin cuci bakal kembali dapat berputar lagi.

Sumber : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top