Mesin Cuci Mendengung Tidak Berputar


Di saat ini Saya bakal menjelaskan informasi tentang penyebab mesin cuci berdengung dan tidak berputar.  Mesin cuci,  bisa dibilang sudah menjadi alat elektronik yang sangat dibutuhkan di zaman modern seperti sekarang ini. Kepadatan kegiatan dan kesibukan sehari-hari barangkali adalah alasan utama mengapa orang-orang memerlukan mesin cuci.

Hampir di saban rumah dengan gampang bisa kita temukan mesin cuci yang bervariasi tipenya. Mesin cuci dapat membantu memperingan pekerjaan untuk mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran jumbo yang tentunya memerlukan tenaga ekstra jika cuma dicuci memakai manual biasa.

Hadirnya mesin cuci menjadikan kita tidak repot lagi mencuci secara manual, pastinya bakal menghemat waktu dan tenaga pula. Mesin cuci dapat dibagi menjadi 2 macam berdasarkan tipenya, yakni mesin cuci 1 tabung serta mesin cuci 2 tabung. Sesuai namanya, mesin cuci 1 tabung adalah mesin cuci yang bagian buat mencuci serta pengeringan menjadi 1 dan yang bekerja bersamaan.

sedangkan untuk mesin cuci 2 tabung, antara Washing Tube dan pengering terpisah, memiliki fungsinya masing-masing. Mesin cuci 2 tabung kadang disebut juga mesin cuci semi otomatis. seluruh mesin cuci memerlukan penggerak sehingga terdapat motor yang bekerja dengan cara berputar. motor penggerak untuk Washing Tube dinamai Washing mesin, sementara pada pengering disebut dengan istilah Spin mesin.

Prinsip Kerja motor Penggerak Mesin Cuci

Pada Washing mesin serta Spin mesin terdapat sebuah kumparan, terbagi menjadi lilitan utama dan kumparan bantu. Jumlah serta diameter lilitan ini tak berbeda, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara voltase dan arus tidak terjadi.

Washing mesin dirancang untuk berputar ke kanan serta kiri, sehingga bebannya sama antara 2 kumparan yang dipakai. motor cuma akan menyala bila terdapat pergeseran sudut fasa yang menimbulkan medan putar.

Problem Pada Mesin Cuci

Meski modern, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang dapat kapan saja bermasalah. Masalah dapat timbul di semua spare part mesin cuci. Masalah umum yang kerap ditemui adalah Washing motor atau mesin pengering yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja. Kalau masalah] tersebut timbul, maka dapat dipastikan kalau mesin tidak bisa bekerja normal lagi.

Problem yang banyak terjadi diantaranya kayak salah satu kabel putus akibat dimakan tikus, tali rem putus, timer rusak karena kemasukan semut. Satu yang lumayan serius adalah masalah mesin yang tidak mau berputar serta mengeluarkan bunyi dengung. Bunyi dengung yang diikuti bau terbakar ialah indikasi bahwa Kapasitor lagi telah rusak.

Apa yang dimaksud kapasitor? Kondensator ialah komponen elektronik yang berfungsi menyimpan serta melepas muatan listrik. Kapasitor terdiri dari 2 plat penghantar listrik atau lempengan logam yang tersusun sejajar serta dibikin dari logam serta isolator yang dipasang di antara plat buat memisah muatan listrik.

Kapasitor bekerja dengan elektron yang terdapat di dalamnya. Bila elektron penuh, maka bakal terjadi perubahan tegangan karena elektron mengalir ke bagian lain yang membutuhkan. Satuan Kapasitor disimbolkan dengan tanda F (Farad). Farad ialah satuan yang besar dan umumnya pada alat elektronik, satuannya diperkecil menjadi Mikro Farad (µF).

Guna utama kapasitor ialah penyimpan serta pelepas arus serta voltase listrik, menjadi konduktor untuk mengalirkan arus AC, menjadi isolator yang memutus hubungan arus searah, alat yang dipakai untuk menggeser fasa serta pembangkit frekuensi serta filter dalam rangkaian power supply.

 

Mesin Cuci Tidak Mau Berputar Hanya Suara Berdengung dari Dinamo

Ketidakmampuan kapasitor buat berkerja menyalurkan arus listrik adalah faktor utama mengapa mesin di mesin cuci tidak mau berputar. Kapasitor mesin cuci 1 tabung, berbeda dengan yang 2 tabung. Kapasitor pada mesin cuci 2 tabung biasanya terdiri dari 2 pasang kabel. Satu bagian difungsikan untuk menggerakkan motor Spin, nilainya 4µF-6µF. sementara pada Washing motor nilainya antara 8µF-10µF dengan tegangan 400 Vac.

Kapasitor biasanya berbentuk ganda,  artinya 1 kapasitor berisi dua bagian. Satunya kapasitor untuk Spin motor nilainya antara 4µF sampai 6µF dan satunya lagi untuk mesin pembilas nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan tegangan kerja 400Vac.

Kapasitor yang sudah lama masa penggunaannya dapat berkurang nilai fungsinya serta bila sudah usang, mau nggak mau perlu diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga terjangkau kira-kira sekitar 20-25 rb.

Bagaimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor letaknya terdapat di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Ada yang berbentuk kubus, ada juga yang berbentuk tabung. Untuk mengganti kapasitor memang butuh membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Tahapan memperbaiki kapasitor mesin cuci adalah, perhatikan ukuran mikro kapasitor ketika membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai sama, buka baut di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, kalau tidak ada yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, gunakan pisau buat mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat terdapat 4 kabel (2 merah dan 2 biru), kabel merah dan biru dengan strip putih digunakan buat spin motor, kabel merah serta putih polos digunakan buat Washing motor dan bila telah terpasang, mesin cuci bakal kembali dapat berputar lagi.

Referensi : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html




Back To Top