Mesin Cuci Dengung Tapi Tidak Berputar


Di saat ini Saya bakal membahas artikel tentang mesin cuci berdengung tidak berputar.  Mesin cuci,  bisa dikatakan telah menjadi alat elektronik yang begitu dibutuhkan di zaman modern seperti saat. Padatnya kegiatan serta kesibukan sehari-hari barangkali adalah alasan utama kenapa orang-orang memerlukan mesin cuci.

Nyaris di tiap rumah dengan mudah bisa kita jumpai mesin cuci yang bervariasi tipenya. Mesin cuci bisa membantu memperingan pekerjaan untuk mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran jumbo yang pastinya memerlukan tenaga ekstra jika cuma dicuci menggunakan tangan biasa.

Adanya mesin cuci membuat kita tidak repot lagi mencuci dengan cara manual, pastinya akan menghemat waktu serta tenaga juga. Mesin cuci dapat dibagi menjadi 2 jenis menurut tipenya, yaitu mesin cuci 1 tabung serta mesin cuci 2 tabung. Seperti namanya, mesin cuci 1 tabung ialah mesin cuci yang bagian untuk mencuci dan pengeringan menjadi 1 serta yang bekerja bersamaan.

Sementara untuk mesin cuci 2 tabung, antara Washing Tube dan Spin Tube terpisah, mempunyai fungsinya sendiri-sendiri. Mesin cuci 2 tabung kadang disebut juga mesin cuci semi otomatis. semua mesin cuci membutuhkan penggerak sehingga ada motor yang bekerja dengan cara berputar. motor penggerak buat Washing Tube dinamai Washing mesin, sementara pada pengering dikenal dengan istilah Spin motor.

Cara Kerja mesin Penggerak Mesin Cuci

Pada mesin pembilas serta Spin mesin ada sebuah kumparan, terbagi menjadi lilitan utama dan lilitan bantu. Jumlah dan diameter lilitan ini sama, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara voltase dan arus tidak terjadi.

Washing motor didesain buat berputar ke kanan dan kiri, sehingga bebannya sama antara 2 kumparan yang dipakai. motor hanya bakal menyala kalau terdapat pergeseran sudut fasa yang menimbulkan medan putar.

Masalah Pada Mesin Cuci

Meski modern, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang bisa kapan saja bermasalah. Masalah bisa muncul di seluruh komponen mesin cuci. Problem umum yang sering dijumpai adalah Washing motor atau mesin pengering yang tidak mau berputar dan cuma berdengung saja. Bila problem nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan voltase kerja 400Vac.

Kapasitor yang sudah lama masa pemakaiannya bisa berkurang nilai fungsinya dan bila sudah usang, mau tidak mau mesti diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga murah kira-kira sekitar 20-25 rb.

Bagaimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor posisinya terdapat di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Ada yang berbentuk kubus, terdapat juga yang berbentuk tabung. Untuk mengganti kapasitor memang perlu membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Langkah-langkah mengganti kapasitor mesin cuci ialah, perhatikan ukuran mikro kapasitor saat membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai tak berbeda, buka baut di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, bila tidak terdapat yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, pakai pisau untuk mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat ada 4 kabel (2 merah serta 2 biru), kabel merah serta biru dengan strip putih digunakan untuk spin motor, kabel merah dan putih polos dipakai untuk Washing motor dan bila telah terpasang, mesin cuci bakal kembali dapat berputar lagi.

Referensi : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top