Mesin Cuci Tidak Mau Berputar Hanya Berdengung


Pada kesempatan ini Saya bakal membahas artikel tentang motor mesin cuci berdengung tidak berputar.  Mesin cuci,  bisa dikatakan telah menjadi alat elektronik yang begitu diperlukan di zaman modern seperti saat. Kepadatan kegiatan serta kesibukan sehari-hari mungkin adalah alasan utama mengapa orang-orang memerlukan mesin cuci.

Nyaris di saban rumah dengan mudah bisa kita temukan mesin cuci yang bervariasi jenisnya. Mesin cuci dapat menolong meringankan pekerjaan untuk mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran jumbo yang pastinya membutuhkan tenaga ekstra bila hanya dicuci memakai manual biasa.

Adanya mesin cuci membuat kita tidak repot lagi mencuci secara manual, tentunya bakal menghemat waktu serta tenaga juga. Mesin cuci dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis menurut tipenya, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Sesuai namanya, mesin cuci 1 tabung ialah mesin cuci yang bagian untuk mencuci serta pengeringan menjadi 1 dan yang bekerja bersamaan.

Sementara untuk mesin cuci 2 tabung, antara Washing Tube serta pengering terpisah, mempunyai fungsinya masing-masing. Mesin cuci 2 tabung terkadang dikenal pula mesin cuci semi otomatis. seluruh mesin cuci membutuhkan penggerak sehingga terdapat motor yang bekerja dengan cara berputar. mesin penggerak untuk pembilas dinamai Washing mesin, sementara pada Spin Tube dikenal dengan istilah Spin motor.

Cara Kerja motor Penggerak Mesin Cuci

Pada motor pembilas dan motor pengering ada sebuah lilitan, terbagi menjadi kumparan utama serta kumparan bantu. Jumlah dan diameter lilitan ini sama, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara voltase dan arus tidak terjadi.

mesin pembilas didesain untuk berputar ke kanan dan kiri, sehingga bebannya sama antara 2 lilitan yang dipakai. mesin hanya akan menyala bila terdapat pergeseran sudut fasa yang menyebabkan medan putar.

Masalah Pada Mesin Cuci

Walau canggih, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang dapat kapan saja bermasalah. Masalah dapat muncul di seluruh spare part mesin cuci. Problem umum yang sering dijumpai ialah Washing mesin atau mesin pengering yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja. Kalau masalah] itu timbul, maka bisa dipastikan kalau mesin tidak dapat bekerja normal lagi.

Problem yang banyak terjadi diantaranya seperti salah satu kabel putus karena dimakan tikus, tali rem putus, timer rusak sebab kemasukan semut. Satu yang cukup serius ialah masalah motor yang tidak mau berputar serta mengeluarkan bunyi dengung. Bunyi dengung yang diikuti bau terbakar ialah indikasi bahwa Kapasitor lagi telah rusak.

Apa yang dimaksud kapasitor? Kapasito ialah spare part elektronik yang berfungsi menyimpan serta melepas muatan listrik. Kapasitor terdiri dari 2 plat konduktor atau lempengan logam yang tersusun sejajar serta dibikin dari logam serta isolator yang dipasang di antara plat buat memisah muatan listrik.

Kapasitor bekerja dengan elektron yang terdapat di dalamnya. Kalau elektron penuh, maka bakal terjadi perubahan tegangan karena elektron mengalir ke bagian lain yang membutuhkan. Satuan Kapasitor dilambangkan dengan tanda F (Farad). Farad adalah satuan yang besar serta umumnya pada alat elektronik, satuannya dikecilkan menjadi Mikro Farad (µF).

Fungsi utama kapasitor antara lain penyimpan serta pelepas arus serta tegangan listrik, menjadi konduktor buat mengalirkan arus AC, menjadi isolator yang memutus hubungan arus searah, alat yang dipakai untuk menggeser fasa dan pembangkit frekuensi dan filter dalam rangkaian power supply.

Mesin Cuci Rusak Tidak Mau Berputar

Ketidakmampuan kapasitor buat berkerja menyalurkan arus listrik adalah faktor utama mengapa mesin di mesin cuci tidak mau berputar. Kapasitor mesin cuci 1 tabung, berbeda dengan yang 2 tabung. Kapasitor pada mesin cuci 2 tabung umumnya terdiri dari 2 pasang kabel. Satu bagian difungsikan untuk menggerakkan mesin Spin, nilainya 4µF-6µF. sementara pada mesin pembilas nilainya antara 8µF-10µF dengan voltase 400 Vac.

Kapasitor umumnya berbentuk ganda,  maknanya 1 kapasitor berisi dua bagian. Satunya kapasitor buat mesin pengering nilainya antara 4µF sampai 6µF dan satunya lagi untuk mesin pembilas nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan voltase kerja 400Vac.

Kapasitor yang telah lama masa pemakaiannya bisa berkurang nilai fungsinya dan jika telah usang, mau tidak mau mesti diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga murah kira-kira sekitar 20-25 rb.

Gimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor posisinya terdapat di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Terdapat yang berbentuk kubus, terdapat pula yang berbentuk tabung. Buat mengganti kapasitor memang butuh membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Tahapan memperbaiki kapasitor mesin cuci ialah, perhatikan ukuran mikro kapasitor saat membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai sama, buka sekrup di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, kalau tidak ada yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, gunakan pisau untuk mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat ada 4 kabel (2 merah serta 2 biru), kabel merah serta biru dengan strip putih dipakai buat spin motor, kabel merah serta putih polos dipakai buat Washing motor serta jika sudah terpasang, mesin cuci bakal kembali dapat berputar lagi.

Sumber : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top