Mesin Cuci Mendengung Tapi Tidak Berputar


Di saat ini Saya bakal membahas artikel mengenai mesin cuci mendengung dan tidak mau berputar.  Mesin cuci,  dapat dikatakan telah menjadi alat elektronik yang sangat dibutuhkan di zaman modern kayak saat. Padatnya aktivitas dan kesibukan sehari-hari mungkin adalah alasan utama kenapa orang-orang memerlukan mesin cuci.

Nyaris di saban rumah dengan mudah bisa kita temukan mesin cuci yang beragam jenisnya. Mesin cuci dapat membantu memperingan pekerjaan buat mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran jumbo yang pastinya memerlukan tenaga ekstra jika hanya dicuci menggunakan tangan biasa.

Hadirnya mesin cuci menjadikan kita tidak repot lagi mencuci secara manual, tentunya akan menghemat waktu dan tenaga juga. Mesin cuci dapat dibagi menjadi 2 macam menurut tipenya, yakni mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Sesuai namanya, mesin cuci 1 tabung adalah mesin cuci yang bagian buat mencuci serta pengeringan menjadi 1 serta yang bekerja bersamaan.

lagikan buat mesin cuci 2 tabung, antara pembilas serta pengering terpisah, mempunyai kegunaannya masing-masing. Mesin cuci 2 tabung terkadang disebut pula mesin cuci semi otomatis. Seluruh mesin cuci memerlukan penggerak sehingga terdapat mesin yang bekerja dengan cara berputar. mesin penggerak untuk pembilas dinamai Washing mesin, sedangkan pada Spin Tube dikenal dengan istilah Spin mesin.

Prinsip Kerja motor Penggerak Mesin Cuci

Pada motor pembilas dan mesin pengering ada sebuah kumparan, terbagi menjadi lilitan utama serta kumparan bantu. Jumlah serta diameter lilitan ini sama, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara tegangan serta arus tidak terjadi.

motor pembilas dirancang buat berputar ke kanan dan kiri, sehingga bebannya tak berbeda antara 2 kumparan yang digunakan. motor hanya bakal menyala kalau terdapat pergeseran sudut fasa yang menimbulkan medan putar.

Masalah Pada Mesin Cuci

Walau canggih, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang dapat kapan saja bermasalah. Masalah bisa muncul di seluruh spare part mesin cuci. Problem umum yang sering ditemui ialah mesin pembilas atau Spin mesin yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja. Jika problem nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan voltase kerja 400Vac.

Kapasitor yang telah lama masa pemakaiannya dapat berkurang nilai fungsinya dan jika sudah usang, mau tidak mau mesti diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga murah kira-kira sekitar 20-25 rb.

Gimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor posisinya ada di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Terdapat yang berbentuk kubus, terdapat juga yang berbentuk tabung. Untuk mengganti kapasitor memang perlu membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Langkah-langkah memperbaiki kapasitor mesin cuci ialah, perhatikan ukuran mikro kapasitor saat membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai tak berbeda, buka baut di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, kalau tidak ada yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, gunakan pisau untuk mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat terdapat 4 kabel (2 merah serta 2 biru), kabel merah serta biru dengan strip putih digunakan buat spin motor, kabel merah dan putih polos digunakan buat mesin pembilas serta bila sudah terpasang, mesin cuci akan kembali bisa berputar lagi.

Sumber : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top