Motor Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar


Pada kesempatan ini Saya bakal membahas informasi mengenai motor mesin cuci berdengung tidak berputar.  Mesin cuci,  bisa dibilang sudah menjadi alat elektronik yang sangat dibutuhkan di era modern seperti sekarang ini. Kepadatan aktivitas serta kesibukan sehari-hari barangkali adalah penyebab utama mengapa orang-orang memerlukan mesin cuci.

Hampir di tiap rumah dengan gampang dapat kita temukan mesin cuci yang bervariasi jenisnya. Mesin cuci dapat menolong meringankan pekerjaan buat mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran besar yang pastinya membutuhkan tenaga ekstra bila hanya dicuci menggunakan manual biasa.

Keberadaan mesin cuci menjadikan kita tidak repot lagi mencuci secara manual, tentunya bakal menghemat waktu dan tenaga pula. Mesin cuci bisa dibagi menjadi 2 macam berdasarkan tipenya, yakni mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Sesuai namanya, mesin cuci 1 tabung adalah mesin cuci yang bagian buat mencuci dan pengeringan menjadi 1 dan yang bekerja bersamaan.

sedangkan buat mesin cuci 2 tabung, antara pembilas serta pengering terpisah, mempunyai fungsinya sendiri-sendiri. Mesin cuci 2 tabung kadang disebut pula mesin cuci semi otomatis. Seluruh mesin cuci memerlukan penggerak sehingga ada mesin yang bekerja dengan cara berputar. mesin penggerak untuk Washing Tube dinamai Washing mesin, lagikan pada pengering dikenal dengan istilah Spin mesin.

Prinsip Kerja motor Penggerak Mesin Cuci

Pada Washing motor serta Spin mesin terdapat sebuah kumparan, terbagi menjadi kumparan utama serta kumparan bantu. Jumlah dan diameter lilitan ini tak berbeda, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara tegangan serta arus tidak terjadi.

mesin pembilas didesain untuk berputar ke kanan dan kiri, sehingga bebannya tak berbeda antara 2 kumparan yang dipakai. motor cuma akan menyala kalau ada pergeseran sudut fasa yang menyebabkan medan putar.

Masalah Pada Mesin Cuci

Meski canggih, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang dapat kapan saja bermasalah. Problem dapat timbul di semua komponen mesin cuci. Masalah umum yang sering ditemui adalah Washing mesin atau Spin mesin yang tidak mau berputar dan cuma berdengung saja. Kalau masalah] tersebut muncul, maka bisa dipastikan jika mesin tidak dapat bekerja normal lagi.

Masalah yang banyak terjadi diantaranya seperti salah satu kabel putus akibat dimakan tikus, tali rem putus, timer rusak sebab kemasukan semut. Satu yang cukup serius adalah masalah mesin yang tidak mau berputar dan mengeluarkan bunyi dengung. Bunyi dengung yang diikuti bau terbakar ialah tanda bahwa Kapasitor lagi tidak normal.

Apa yang dimaksud kapasitor? Kapasito adalah spare part elektronik yang berguna menyimpan serta melepas muatan listrik. Kapasitor terdiri dari 2 plat konduktor atau lempengan logam yang tersusun sejajar serta dibikin dari logam dan isolator yang dipasang di antara plat buat memisah muatan listrik.

Kapasitor bekerja dengan elektron yang ada di dalamnya. Jika elektron penuh, maka akan terjadi perubahan voltase sebab elektron mengalir ke bagian lain yang memerlukan. Satuan Kapasitor disimbolkan dengan tanda F (Farad). Farad adalah satuan yang besar serta biasanya pada alat elektronik, satuannya diperkecil menjadi Mikro Farad (µF).

Fungsi utama kapasitor antara lain penyimpan dan pelepas arus dan voltase listrik, menjadi konduktor buat mengalirkan arus AC, menjadi isolator yang memutus hubungan arus searah, alat yang dipakai untuk menggeser fasa dan pembangkit frekuensi serta filter dalam rangkaian power supply.

Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar

Ketidakmampuan kapasitor untuk berkerja menyalurkan arus listrik ialah faktor utama mengapa mesin di mesin cuci tidak mau berputar. Kapasitor mesin cuci 1 tabung, berbeda dengan yang 2 tabung. Kapasitor pada mesin cuci 2 tabung biasanya terdiri dari 4 kabel berbeda. Satu bagian difungsikan untuk menggerakkan mesin Spin, nilainya 4µF-6µF. sedangkan pada mesin pembilas nilainya antara 8µF-10µF dengan voltase 400 Vac.

Kapasitor biasanya berbentuk ganda,  maknanya 1 kapasitor berisi dua bagian. Satunya kapasitor untuk Spin motor nilainya antara 4µF sampai 6µF dan satunya lagi untuk mesin pembilas nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan voltase kerja 400Vac.

Kapasitor yang telah lama masa penggunaannya bisa berkurang nilai fungsinya dan kalau sudah usang, mau tidak mau mesti diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga terjangkau kira-kira sekitar 20-25 rb.

Gimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor posisinya ada di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Ada yang berbentuk kubus, terdapat juga yang berbentuk tabung. Untuk mengganti kapasitor memang perlu membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Langkah-langkah memperbaiki kapasitor mesin cuci adalah, perhatikan ukuran mikro kapasitor ketika membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai sama, buka sekrup di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, bila tidak terdapat yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, gunakan pisau buat mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat ada 4 kabel (2 merah serta 2 biru), kabel merah dan biru dengan strip putih dipakai buat spin motor, kabel merah dan putih polos digunakan buat mesin pembilas dan bila telah terpasang, mesin cuci akan kembali dapat berputar lagi.

Referensi : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top