Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar


Di kesempatan ini Saya bakal membahas artikel mengenai penyebab mesin cuci berdengung dan tidak berputar.  Mesin cuci,  bisa dibilang telah menjadi alat elektronik yang begitu dibutuhkan di era modern kayak saat. Padatnya aktivitas serta kesibukan sehari-hari barangkali ialah penyebab utama mengapa orang-orang membutuhkan mesin cuci.

Nyaris di saban rumah dengan mudah dapat kita temukan mesin cuci yang beragam jenisnya. Mesin cuci bisa menolong memperingan pekerjaan buat mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran jumbo yang pastinya membutuhkan tenaga besar kalau cuma dicuci memakai manual biasa.

Hadirnya mesin cuci menjadikan kita tidak repot lagi mencuci dengan cara manual, tentunya akan menghemat waktu dan tenaga pula. Mesin cuci bisa diklasifikasikan menjadi 2 macam berdasarkan tipenya, yakni mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Sesuai namanya, mesin cuci 1 tabung adalah mesin cuci yang bagian buat mencuci dan pengeringan menjadi 1 serta yang bekerja bersamaan.

Sementara untuk mesin cuci 2 tabung, antara Washing Tube serta Spin Tube terpisah, memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Mesin cuci 2 tabung terkadang disebut juga mesin cuci semi otomatis. semua mesin cuci memerlukan penggerak sehingga terdapat motor yang bekerja dengan cara berputar. motor penggerak buat Washing Tube dinamai Washing mesin, sedangkan pada pengering disebut dengan istilah Spin motor.

Prinsip Kerja mesin Penggerak Mesin Cuci

Pada motor pembilas dan Spin mesin terdapat sebuah lilitan, terbagi menjadi lilitan utama serta kumparan bantu. Jumlah serta diameter kumparan ini sama, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara voltase serta arus tidak terjadi.

motor pembilas dirancang buat berputar ke kanan serta kiri, sehingga bebannya sama antara 2 kumparan yang digunakan. mesin hanya bakal menyala bila ada pergeseran sudut fasa yang menimbulkan medan putar.

Problem Pada Mesin Cuci

Meski canggih, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang bisa kapan saja bermasalah. Masalah dapat muncul di semua spare part mesin cuci. Problem umum yang kerap ditemui adalah Washing motor atau mesin pengering yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja. Bila problem nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan tegangan kerja 400Vac.

Kapasitor yang sudah lama masa penggunaannya dapat berkurang nilai fungsinya serta jika telah usang, mau tidak mau perlu diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga terjangkau kira-kira sekitar 20-25 rb.

Gimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor letaknya ada di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Ada yang berbentuk kubus, ada pula yang berbentuk tabung. Buat mengganti kapasitor memang butuh membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Tahapan mengganti kapasitor mesin cuci adalah, perhatikan ukuran mikro kapasitor ketika membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai tak berbeda, buka sekrup di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, bila tidak ada yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, pakai pisau untuk mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat ada 4 kabel (2 merah dan 2 biru), kabel merah serta biru dengan strip putih dipakai buat spin motor, kabel merah serta putih polos digunakan buat Washing motor serta kalau sudah terpasang, mesin cuci akan kembali bisa berputar lagi.

Referensi : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top