Mesin Cuci Mendengung dan Tidak Mau Berputar


Di kesempatan ini Saya bakal menjelaskan informasi tentang mesin cuci tidak berputar hanya berdengung.  Mesin cuci,  dapat dibilang sudah menjadi alat elektronik yang sangat dibutuhkan di era modern kayak saat. Kepadatan aktivitas serta kesibukan sehari-hari mungkin ialah penyebab utama kenapa orang-orang memerlukan mesin cuci.

Hampir di tiap rumah dengan mudah dapat kita jumpai mesin cuci yang bervariasi tipenya. Mesin cuci bisa menolong meringankan pekerjaan untuk mecuci pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian yang berukuran besar yang tentunya membutuhkan tenaga ekstra jika cuma dicuci menggunakan tangan biasa.

Hadirnya mesin cuci menjadikan kita tidak repot lagi mencuci secara manual, tentunya akan menghemat waktu serta tenaga pula. Mesin cuci dapat dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan tipenya, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Sesuai namanya, mesin cuci 1 tabung ialah mesin cuci yang bagian untuk mencuci serta pengeringan menjadi 1 serta yang bekerja bersamaan.

Sementara buat mesin cuci 2 tabung, antara Washing Tube dan Spin Tube terpisah, mempunyai fungsinya sendiri-sendiri. Mesin cuci 2 tabung terkadang disebut pula mesin cuci semi otomatis. Seluruh mesin cuci membutuhkan penggerak sehingga terdapat motor yang bekerja dengan cara berputar. mesin penggerak buat pembilas dinamai Washing motor, sedangkan pada Spin Tube dikenal dengan istilah Spin motor.

Prinsip Kerja motor Penggerak Mesin Cuci

Pada mesin pembilas dan mesin pengering terdapat sebuah kumparan, terbagi menjadi kumparan utama dan kumparan bantu. Jumlah dan diameter lilitan ini tak berbeda, sehingga pergeseran pada sudut fasa antara voltase dan arus tidak terjadi.

motor pembilas didesain untuk berputar ke kanan dan kiri, sehingga bebannya sama antara 2 lilitan yang dipakai. mesin hanya bakal menyala bila terdapat pergeseran sudut fasa yang menyebabkan medan putar.

Masalah Pada Mesin Cuci

Meski canggih, mesin cuci tetaplah alat elektronik yang dapat kapan saja rusak. Masalah dapat muncul di semua spare part mesin cuci. Masalah umum yang kerap ditemui ialah motor pembilas atau Spin motor yang tidak mau berputar dan cuma berdengung saja. Jika problem nilainya antara 8µF sampai 10µF dengan voltase kerja 400Vac.

Kapasitor yang sudah lama masa penggunaannya bisa berkurang nilai fungsinya serta bila sudah usang, mau nggak mau mesti diganti dengan yang baru. Di toko-toko alat listrik banyak di jual kapasitor dengan harga terjangkau kira-kira sekitar 20-25 rb.

Gimana Cara Mengganti Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor posisinya ada di bagian bawah kiri bawah mesin cuci. Terdapat yang berbentuk kubus, terdapat juga yang berbentuk tabung. Untuk mengganti kapasitor memang butuh membuka bagian penutup belakang mesin cuci.

Langkah-langkah mengganti kapasitor mesin cuci ialah, perhatikan ukuran mikro kapasitor ketika membeli yang baru, usahakan cari kapasitor bernilai sama, buka baut di penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung di kapasitor itu, kalau tidak ada yang sama, cari yang nilainya mendekati ukuran mikro kapasitor awal, gunakan pisau buat mengeluarkan serabut dalam kabel, sambungkan ke kapasitor yang baru, ingat terdapat 4 kabel (2 merah serta 2 biru), kabel merah serta biru dengan strip putih dipakai untuk spin motor, kabel merah serta putih polos digunakan untuk Washing motor serta bila telah terpasang, mesin cuci bakal kembali bisa berputar lagi.

Referensi : https://www. media2give. com/2017/01/memperbaiki-mesin-cuci-berdengung-tidak-mau-berputar. Html


Back To Top